Komodifikasi Simbol Religi dalam Iklan Wardah: Studi Ekonomi Politik Media
DOI:
https://doi.org/10.30631/mauizoh.v10i1.112Keywords:
Iklan, Komodifikasi, Simbol ReligiAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi komodifikasi simbol-simbol religius dalam iklan produk kosmetik Wardah dengan pendekatan ekonomi politik media. Sebagai salah satu merek kosmetik halal terkemuka di Indonesia, Wardah menggunakan identitas religius sebagai bagian dari strategi pemasarannya untuk menarik pasar Muslim. Studi ini mengkaji bagaimana simbol-simbol seperti hijab, doa, dan nilai-nilai Islam dihadirkan sebagai elemen estetika dan retoris dalam iklan mereka. Melalui metode analisis isi dan wawancara mendalam, penelitian ini mengungkap bahwa simbol-simbol religius dalam iklan Wardah tidak hanya berfungsi sebagai representasi identitas, tetapi juga berperan sebagai alat komersialisasi yang memperkuat posisi merek di pasar. Temuan ini menunjukkan bahwa praktik tersebut mencerminkan dinamika ekonomi politik media, di mana nilai-nilai budaya dan agama berpadu dengan kepentingan kapitalisme. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti aspek etis dari komodifikasi simbol-simbol religius, terutama terkait dampaknya terhadap persepsi konsumen terhadap nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana penelitian ini akan menghasilkan data berupa data deskriptif tentang Komodifikasi Simbol Religi Dalam Iklan Wardah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan sekaligus menggali sumber-sumber informasi dan data dari informan, serta memberikan penjelasan, deskripsi secara keseluruhan tentang "Komodifikasi Simbol Religi Dalam Iklan Wardah. Dengan demikian, penelitian ini memberikan sumbangan penting bagi kajian komunikasi, pemasaran, dan ekonomi politik media, khususnya dalam konteks industri kosmetik halal di Indonesia.
References
Aminah, Siti, Chandri Febri Santi, Gabila Heira Muthia Ismed, Sinta Rahmatil Fadhilah, and Ardiyansyah Ardiyansyah. “Komunikasi Interpersonal Sebagai Dasar Keharmonisan Keluarga: Studi Di Desa Matra Manunggal.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 6 (2024): 1948–64.
Anggraini, Rahma Dini, Ardiyansyah Ardiyansyah, Siti Aminah, and Ayu Nurkhayati. “Second Account Instagram Sebagai Media Self Disclosure Di Kalangan Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 24, no. 2 (2024): 1104–12.
Ardiyansyah, Ardiyansyah, Fahrizal Fahrizal, Suryawahyuni Latief, and Afrizal Afrizal. “Aktivitas Komunikasi Pemasaran Jasa Bellshoes Loundry.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 8, no. 1 (March 15, 2024): 879–85. https://doi.org/10.33087/EKONOMIS.V8I1.1774.
Cahyani, Sulandari Retno. “Konstruksi Kecantikan Pada Iklan Wardah Versi ‘Halal Dari Awal,’” November 29, 2019.
Cristina, Meltha, Ade Putranto Prasetyo, and Wijiharto Tunggali. “Representasi Laki-Laki Metroseksual Dalam Iklan Scarlett Whitening Song Joong Ki.” Jurnal Audiens 4, no. 1 (February 17, 2023): 159–69. https://doi.org/10.18196/JAS.V4I1.14.
Intan Rahayu, Dwi, Ardiansyah Ardiyansyah, Muhammad Al-hafizh, and Herri Novealdi. “Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Jambi.” Jurnal Perspektif 6, no. 3 (September 15, 2023): 289–99. https://doi.org/10.24036/PERSPEKTIF.V6I3.784.
Luly Zahrotul Lutfiyah, Kingkin Puput Kinanti. “Perbandingan Stereotipe Gender Dalam Iklan: Kajian Semiotika Roland Barthes | Lutfiyah | BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Accessed July 19, 2024. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/3349.
Maulana, Ade Novia, Ardiyansyah Ardiyansyah, and Nur Zam. “Eksplorasi Pemasaran Digital Melalui Facebook Oleh UMKM Perdesaan.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 3 (2024): 16440–50.
Nabila, Thalita. “ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN USAHA LAUNDRY SEPATU DI KOTA LHOKSEUMAWE ( Studi Pada Laundry Sepatu Zenmen),” February 27, 2024.
Rafiah, Kurnia Khafidhatur, and Desty Hapsari Kirana. “Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan Dan Minuman Di Jatinangor.” Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah) 2, no. 1 (January 2, 2019): 188–98. https://doi.org/10.36778/JESYA.V2I1.45.
Rahmah, Siti, Habriyanto Habriyanto, and Marissa Putriana. “STRATEGI PEMASARAN KERUPUK UDANG KAYU API BAHAGIA DI KELURAHAN MENDAHARA ILIR KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR DITINJAU DARI PEMASARAN SYARIAH.” Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen 2, no. 1 (January 10, 2024): 174–87. https://doi.org/10.59031/JKPIM.V2I1.251.
Solida, Adila, Fahrizal Fahrizal, and Ardiyansyah Ardiyansyah. “Analisis Persepsi Konsumen Tentang Brand Association Produk Minuman Bervitamin You-C 1000.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 6, no. 2 (September 26, 2022): 735–41. https://doi.org/10.33087/EKONOMIS.V6I2.685.
Suprapto, Deddy. “Representasi Maskulinitas Hegemonik Dalam Iklan.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora 2, no. 1 (2018). https://doi.org/10.23887/jppsh.v2i1.14004.
Syafrina Billah, Nasta, Ruth Mei, and Ulina Malau. “REPRESENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM IKLAN GRABCAR VERSI #AMANUNTUKSEMUA: (Analisis Semiotika Roland Barthes).” MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 1 (April 9, 2022): 44–54. https://doi.org/10.35326/MEDIALOG.V5I1.1242.
Utami, Adya, Syukri 1, and Andi Nonong Sunrawali. “Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 19, no. 1 (February 1, 2022): 170–82. https://doi.org/10.30872/JKIN.V19I1.10207.


