Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Wisata Bukit Condong Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Dikelurahan Selensen Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau
DOI:
https://doi.org/10.30631/mauizoh.v8i1.86Abstract
Penelitian ini membahas tentang Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Wisata Bukit Condong dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kelurahan Selensen Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Pokok permasalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Wisata Bukit Condong dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kelurahan Selensen Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif yang hasilnya berbentuk data deskriptif dengan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari pendekatan tersebut akan memberikan fakta dan data. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan secara interaktif dan terus-menerus, yang meliputi tiga hal yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam penelitian ini, dapat ditarik hasil bahwa perencanaan komunikasi pemasaran di Wisata Bukit Condong menggunakan beberapa teknik diantaranya, Word-of-Mouth Marketing (dari mulut ke mulut), mengadakan event-event, serta melakukan promosi langsung dan dimedia sosial. Adapun pelaksanaan komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Wisata Bukit Condong dalam meningkatkan kunjungan di wisata tersebut yaitu: dengan memasang iklan berupa spanduk dan papan nama wisata di pinggir jalan, mempromosikan produk jasa melalui media sosial, serta penjualan personal atau terjun secara langsung kepada masyarakat yang berkunjung ke Wisata tersebut untuk memberikan sebuah edukasi tentang wisata itu.References
Ardiyansyah, Ardiyansyah. “REVIEW OF CONTEXT AND COMMUNICATION CONTENT IN SECONDARY TRADITIONAL COMMUNITIES SECONDARY VILLAGE.” SENGKUNI Journal (Social Science and Humanities Studies) 1, no. 1 (2020): 37–45.
Ardiyansyah, Ardiyansyah, Fahrizal Fahrizal, and Adila Solida. “Komunikasi Pemasaran Terpadu UMKM Area Wisata Tugu Keris Siginjai Di Era New Normal.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 6, no. 1 (March 29, 2022): 328–32. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.482.
Ardiyansyah, Ardiyansyah, and Ayu Nurkhayati. “Peranan Komunikasi Partisipatif Opinion Leader Dalam Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 23, no. 1 (2023): 831–38.
Kusnadi, Edy. “Upaya Radio El-Dity Meningkatkan Kualitas Siaran Menghadapi Persaingan Media Massa.” MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 4, no. 1 (2020): 43–64.
Reverawaty, Wenny Ira, Muhammad Yusuf, and Ardiyansyah Ardiyansyah. “Pendampingan Pelestarian Budaya Sebagai Objek Wisata Melalui Festival Kampung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement) 5, no. 3 (2019): 331–41.
Ismayanti, Pengantar Pariwisata, (Jakarta: Grasindo,2010)
Isdarmanto, Dasar-dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata, ( Yogyakarta: Pengetahuhan Bartending Mixing Drinks, 2016)
Nurul Hidayah, Analisis Strategi Pemasaran Produk Konveksi dan Aksesoris pada Toko UD. Gina Ria Kecamatan Tetara Lombok Timur, vol.4,no 2 (september,2016).
Tim penerjemah dan Penafsir al-qur’an, Al-qur’an dan Terjemahnya (Banjarsari Solo: Abyan, 2014)
Didik Handoko, Pengelola wisata Bukit Condong, wawancara dengan penulis. 22 Februari2023. Selensen
Gevrazy. Pengelola Wisata Bukit Condong, wawancara dengan penulis. 22 Februari 2023. Selensen
Bari Zuliandi. Pengelola Wisata Bukit Condong, wawancara dengan penulis. 22 Februari 2023. Selensen.
R. Vansuri, Pengelola Wisata Bukit Condong, wawancara dengan Penulis. 20 Februari 2023. Selensen.
Nurdin Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, (Jakarta: Grasindo, 2002)
Jumiati, Pengunjung Wisata Bukit Condong, wawancara dengan Penulis. 26 Februari 2023. Selensen.
Adelya, Pengunjung Wisata Bukit Condong, wawancara dengan Penulis. 26 Februari 2023. Selensen.


