Konsep Komunikasi Interpersonal Siswa

Konsep Komunikasi Interpersonal Siswa

Authors

  • Donal Saputra UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • sinta Rahmatil Fadhilah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/mauizoh.v8i1.83

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah konsep yang sangat penting dalam kehidupan siswa, mencakup segala bentuk interaksi antara individu dalam konteks pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Komunikasi interpersonal melibatkan pertukaran informasi, ide, perasaan, dan pandangan melalui bahasa verbal dan non-verbal. Dalam lingkungan sekolah, komunikasi interpersonal memainkan peran sentral dalam pembelajaran, memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan guru dan teman sebaya, serta berpartisipasi dalam diskusi kelas. Tulisan ini memuat kemampuan dasar berkomunikasi dengan baik yang terdiri dari konsep komunikasi interpersonal siswa, ciri-ciri komunikasi interpersonal, efektivitas komunkasi interpersonal, tujuan komunikasi interpersonal, dan faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal. Keterampilan komunikasi yang kuat memungkinkan siswa untuk mengatasi konflik dengan cara yang konstruktif, mendengarkan dengan empati, dan mencari solusi bersama. Dengan demikian, komunikasi interpersonal berperan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang positif dan mendukung perkembangan pribadi siswa.

References

Ardiyansyah, Ardiyansyah. “REVIEW OF CONTEXT AND COMMUNICATION CONTENT IN SECONDARY TRADITIONAL COMMUNITIES SECONDARY VILLAGE.” SENGKUNI Journal (Social Science and Humanities Studies) 1, no. 1 (2020): 37–45.

Ardiyansyah, Ardiyansyah, and Ayu Nurkhayati. “Peranan Komunikasi Partisipatif Opinion Leader Dalam Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 23, no. 1 (2023): 831–38.

Reverawaty, Wenny Ira, Muhammad Yusuf, and Ardiyansyah Ardiyansyah. “Pendampingan Pelestarian Budaya Sebagai Objek Wisata Melalui Festival Kampung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement) 5, no. 3 (2019): 331–41.

Solida, Adila, Ardiyansyah Ardiyansyah, and Fahrizal Fahrizal. “Efektivitas Penerapan Kebijakan Walikota Jambi Tentang Pedoman Penanganan Covid-19 Dalam Relaksasi Ekonomi Dan Sosial Kemasyarakatan.” JIK JURNAL ILMU KESEHATAN 5, no. 2 (2021): 346–53.

Solida, Adila, Fahrizal Fahrizal, and Ardiyansyah Ardiyansyah. “Analisis Persepsi Konsumen Tentang Brand Association Produk Minuman Bervitamin You-C 1000.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 6, no. 2 (2022): 735–41.

Bela Janare Putra & Jurana Jamal. Profil Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 2020. Vol.3 No.3.

Dailami. Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Dosen. Yogyakarta. CV Budi Utama. 2023.

DeVito, J. A. The Interpersonal Communication Book. Pearson Education Limited. 2023.

DeVito, J.A. The Interpersonal Communication Book. New York: Pearson Education. 2007.

Dougherty, L., Stammer, E., & Valente, T. W. Interpersonal communication regarding pregnancy-related services: friends versus health professionals as conduits forinformation. BMC Pregnancy and Childbirth. 2018.

Fani Febrianti & Untung Subroto, Hubungan pola asuh dengan komunikasi interpersonal pada remaja. Jurnal of Social and Economics Reaserch. Vol 5. 2023.

Hadi Widodo, dewi purnama sari, fira astika wanhar, julianto, Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Jurnal Pendidikan, Vol 3 No 4. 2021.

Mufadal Barseli, Kristinus Sembiring, Ifdil & Linda Fitria. The concept of student interpersonal communication. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Vol 4 no 2. 2018.

Siti Rahmi. Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya dalam Konseling. Aceh. Syiah Kuala Universiti Press. 2021.

Suwatno & Nerissa Arviana. Komunikasi Interpersonal. Jakarta. PT Bumu Aksara. 2023.

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles