Peranan Radio Salam Jambi 105.1 FM Sebagai Saluran Dakwah Islam

Sebuah Kajian Difusi Inovasi

Authors

  • Anida UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Arfan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Zulqarnin Zulqarnin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Abdul Khaliq UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30631/jrf.v4i1.44

Keywords:

radio, difusi, inovasi, pengadopsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan Radio Salam Jambi 105.1 FM sebagai saluran dakwah Islam dalam perspektif difusi inovasi. Studi ini mengeksplorasi proses penyebaran program dakwah, faktor-faktor yang memengaruhi adopsi program oleh pendengar, serta karakteristik pengadopsi awal program dakwah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori difusi inovasi sebagai kerangka analisis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi dari KRU, penyiar, serta pendengar Radio Salam Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan dakwah melalui radio ini dipengaruhi oleh keunggulan relatif program, kesesuaian dengan nilai Islam, kemudahan pemahaman, serta ketercobaan dan keterlihatan dampaknya bagi pendengar. Temuan juga mengindikasikan bahwa pengadopsi awal program dakwah adalah individu yang memiliki loyalitas tinggi terhadap siaran keislaman serta aktif dalam mendukung penyebaran dakwah melalui media sosial.

References

Adika, N. (2022). Efektivitas komisi penyiaran indonesia daerah provinsi lampung dalam proses pengawasan terhadap kualitas siaran televisi lokal. Uin raden intan lampung.

Aini, A. N., Miftah, M., & Awwaliyah, A. R. N. (n.d.). Peran Media Massa Dalam Memperkuat Pluralisme Keagamaan Di Indonesia. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 16(2), 94–104.

Aprilia, E., Aini, A. N., & Kusworo, V. A. (2024). Manajemen Media Penyiaran Swaragama dan Program Siaran di Era Digital. Jurnal Audiens, 5(3), 409–418.

Astuti, S. I. (2000). Pemanfaatan Radio Sebagai Media Dakwah, Jawaban Atas Tantangan Berdakwah di Era Globalisasi. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 16(3), 240–250.

Dwitama, M. I., Hakiki, F. A., Sulastri, E., Usni, U., & Gunanto, D. (2022). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Di Pilkada 2020 Tangerang Selatan. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(1), 53–66.

Hadi, I. P., Wahjudianata, M., & Indrayani, I. I. (2020). Komunikasi massa. In KOMUNIKASI MASSA. CV. Penerbit Qiara Media.

Kurniawan, Kusnadi, E., & Ardiyansyah. (2020). Upaya Radio El-Dity Meningkatkan Kualitas Siaran Menghadapi Persaingan Media Massa. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 43–64. https://doi.org/10.30631/MAUIZOH.V4I1.29

Morissan, M. A. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi Ed. Revisi. Prenada Media.

Nur, E. (2021). Peran media massa dalam menghadapi serbuan media online. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1).

Rahmawaty, I., Susanti, R., Maharani, S. D., & Anwar, Y. (2025). Difusi Inovasi: Konsekuensi Inovasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5945–5953.

Ratnawati, R., & Lestari, G. D. (2025). Integrasi Teknologi Dalam Difusi Inovasi Pendidikan: Pendekatan Kepemimpinan Kolaboratif Di Era Digital. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(1), 572–583.

Rizqy, M., Salsa, N., Zachani, A., Fajri, S., & Suryandari, M. (2023). Pengaruh Media Teknologi Informasi Modern Terhadap Aktivitas Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 22–42. https://doi.org/10.59246/ALADALAH.V1I1.146

Silviani, I., Perwirawati, E., Kom, M. I., Simbolon, B. R., & Sos, S. (2021). Manajemen Media Massa. Scopindo Media Pustaka.

Ummah, N. H. (2023). Pemanfaatan sosial media dalam meningkatkan efektivitas dakwah di era digital. Jurnal Manajemen Dakwah, 11(1).

Downloads

Published

2025-06-15