Pengaruh Bauran Pemasaran dan Diversifikasi Produk terhadap Volume Penjualan Buah Nanas di Desa Tangkit Baru Muaro Jambi

Authors

  • Rafidah Haris Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Agustina Mutia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Indriani Ratih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/innovatio.v17i1.14

Keywords:

bauran pemasaran, diversifikasi produk, nanas, Tangkit Baru Jambi

Abstract

Tulisan ini mengkaji pengaruh bauran pemasaran dan diversifikasi produk terhadap volume penjualan buah nanas pada petani Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Tangkit Baru Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif melalui angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah para petani yang merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan populasi sebanyak 13 home industry. Sampel diambil dengan metode sampling jenuh yaitu semua populasi yang berjumlah 13 home industry dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan; kedua, ada pengaruh signifikan dan positif diversifikasi produk terhadap volume penjualan; ketiga, ada pengaruh signifikan antara bauran pemasaran, diversifikasi produk secara bersama-sama terhadap volume penjualan buah nanas

Downloads

Published

2017-06-30

Issue

Section

Articles