ANALISIS KEPUTUSAN BELI NASABAH NON MUSLIM PADA ASURANSI SYARIAH JIWA BERSAMA BUMI PUTERA 1912 CABANG JAMBI

Authors

  • Ambok Pangiuk Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Zamharil Zamharil Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah FEBI UIN STS JAMBI

Keywords:

Keputusan Nasabah, Ansuransi Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan masyarakat non muslim yang tertarik menjadi nasabah pada perusahaan Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Syariah Cabang Jambi dan preferensi masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah pada Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Syariah Cabang Jambi. Asuransi syariah adalah suatu pengaturan pengelolaan resiko yang memenuhi ketentuan syariah, tolong-menolong secara mutual yang melibatkan peserta dan perusahaan asuransi. Dan tentang pilihan nasabah non muslim terhadap asuransi syariah, dan ingin mengetahui tentang preferensi nasabah non muslim pada asuransi syariah, selanjutnya metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dan ada juga jenis dan sumber data jenis penelitian ini adalah (field research), penelitian lapangan sumber data ada data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari yang diteliti dan data sekunder yaitu data yang telah lebih dahulu dikumpulkan atau latar belakang dari objek penelitian. Data para nasabah Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Syariah Cabang Jambi, berjumlah 546 nasabah yang mana diantaranya terdapat non muslim dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 dan terdapat 9 orang nasabah yang beragama non muslim dan masih berdomisili di Kota Jambi. Faktor internal yang memengaruhi nasabah non muslim dalam membeli produk di asuransi syariah adalah pekerjaan, pengalaman masa lalu, kekayaan, hobi, selera, dan rasa suka. Faktor  internalyang  tidak  memengaruhi  nasabah non muslim dalam membeli maupun menggunakan jasa pada asuransi syariah dalam membeli produk asuransi adalah usia, pendidikan, sifat atau kepribadian, dan simpati. Faktor eksternal yang memengaruhi nasabah non muslim dalam keputusan pembelian produk asuransi syariah adalah budaya, gaya hidup, teman, produk, promosi, harga, dan kualitas produk. Faktor eksternal yang tidak memengaruhi nasabah non muslim dalam keputusan pembelian produk asuransi syariah adalah orang tua, status sosial, ketersediaan produk, dan garansi. Kebutuhan  keunikanyang  memengaruhi  seorang  konsumen  dalam keputusan pembelian produk asuransi adalah langka. 

Downloads

Published

2019-03-29

Issue

Section

Articles