IDENTIFIKASI MINAT BELAJAR DALAM MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA PELAJARAN FISIKA SMAN SE-KECAMATAN KOTA BARU
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.770Keywords:
Minat, pembelajaran daring, google classroom, fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dalam menggunakan google classroom pada pelajaran fisika di SMAN se-Kecamatan Kota Baru. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI MIPA di SMAN yang ada di Kecamatan Kota Baru yaitu SMAN 4, SMAN 6, dan SMAN 8 Kota Jambi. Sampel diambil secara acak sebanyak 227 siswa. Jenis data yang diperoleh yaitu data kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket minat belajar yang valid dan reliabel. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian mengenai minat belajar siswa pada pelajaran fisika dengan menggunakan google classroom di kelas XI MIPA SMAN se-Kecamatan Kota Baru tergolong cukup baik. Pada indikator perasaan senang memiliki kategori tidak baik dengan persentase 38%, indikator perhatian memiliki kategori cukup baik dengan persentase 51%, indikator ketertarikan memiliki kategori cukup baik dengan persentase 49%, dan indikator ketelibatan memiliki kategori cukup baik dengan persentase 57%. Hal ini memperlihatkan bahwa minat belajar siswa pada pelajaran fisika dengan menggunakan google classroom di kelas XI MIPA SMAN se-Kecamatan Kota Baru tergolong cukup baik karena persentasse tertinggi pada tiga indikator memiliki kategori cukup baik dan satu indikator memiliki kategori tidak baik.
Downloads
References
Fatmayanti, A., & Susantri, T. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuhnya Minat Belajar Siswa Di SD Islam Athirah Makassar Kelas 4. Publikasi Pendidikan, 9(3), 212. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.9720
Fuad, Z. Al, & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa.
Inggriyani, F., Hamdani, A. R., & Dahlan, T. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3 (1), 28.
Lanani, K. (2013). Belajar berkomunikasi dan komunikasi untuk belajar dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 2(1), 13-25.
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.
Putranti, N. (2016). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 139-147.
Rahmanawati, V. A. M. dan F. Y. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPS Di SMPK Maria Fatima Jember. INSIGHT: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 11(1).
Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Gugus III Cakranegara. PROGRES PENDIDIKAN, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.60
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto. (2000). Statistik: Teori dan Apikasi. Jakarta: Erlangga.
Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.