PENGARUH  MODAL KERJA, TOTAL HUTANG DAN PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH( Studi pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2019-2023 )

Penulis

  • Alda Putri Ayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis İslam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/cqy7t753

Kata Kunci:

Modal Kerja, Total Hutang, Penjualan dan Laba Bersih.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal kerja, total hutang, dan penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Kontribusi tahun 2019-2023. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu modal kerja, total hutang, dan penjualan. Dengan variabel dependen adalah laba bersih. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yaitu beripa laporan keuangan perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di ISSI tahun 2019-2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode statistik menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji T Parsial, penelitian modal kerja dan total hutang tidak berpengaruh terhadap laba bersih dan penjualan berpengaruh terhadap laba bersih. Berdasarkan hasil uji F Simultan penelitian modal kerja, total hutang dan penjualan secara bersama-sama berpengaruh terhadap laba bersih. Berdasrakan hasil Adjusted R2 sebesar 0.237 yang menunjukkan besarnya kontribusi variabel independen yaitu modal kerja (X1), total hutang (X2) dan penjualan (X3) dapat memengaruhi variabel dependen laba bersih (Y) sebesar 23,7%, sedangkan sisanya sebesar 76,3% dipengaruhi variabel lain.

Referensi

Agus Indriyo, Gitosudarmo dan Basri, Manajemen Keuangan (Yogyakarta: BPFE, 2016),

Badan Pusat Statstik (BPS). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I, 2023.

Fahmi Irham “Analisis Laporan Keuangan” Alvabeta Cv (Bandung 2011) Hal 3.

Fitriana Aning, Analisis Laporan Keuangan, (Purbalingga: CV. Malik Rizki Amanah, 2024), hal 16.

Hendra Harmain, et. al l., Pengantar Akuntansi 1 (Medan: Maldenalteral , 2019), 39.

Hidayat. Manajemen Keuangan. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Kasmir, Analisis Laporan Keuangan, ( Jakarta, Raha Gralfindo Persada 2017), 170

Mulyadi, Sistem Akuntansi (Jakarta : Salemba Empat, 2016), 243.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2019

Surifah, and Rifiqoh Ifah “Corporate Governance Badan Usaha Milik Negara” (Makassar: Graha Aksara Makassar 2020) hal 44.

Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta , 2019

Wijaya, N., Veronika, V., Kosasih, S., & Natalia, F. (2021). Pengaruh Modal Kerja, Total Hutang, Tingkat Inflasi dan Penjualan Bersih Terhadap Laba Bersih. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 5(1), 240-251.

Wahyuni, S. T., & Christine, D. (2023). Pengaruh Penjualan dan Beban Pokok Penjualan Terhadap Laba Bersih:(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar & Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021). Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(2), 1553-1568.

Diterbitkan

2025-12-09