Memperkenalkan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Melalui Metode Bernyanyi: Pengabdian Kepada Masyarkat Di Rumah Tahfizh Markazul Qur'an Kenagarian Panyalaian

Authors

  • Reza Mantofani Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Zulhermindra Ahmad Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Hadiarni Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.30631/z7xkyp65

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan lembaga pendidikan Islam nonformal dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris kepada anak-anak melalui metode bernyanyi di Rumah Tahfizh Markazul Qur'an Kenagariani Panyalaian. Metode yang digunakan adalah pelatihan. Subjek pelatihan adalah siswa rumah tahfizh. Langkah-langkah kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi perencanaan program, kolaborasi, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa metode ini membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan bahasa Inggris anak-anak mereka dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Metode bernyanyi mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi lebih aktif. Kesimpulannya, penerapan metode bernyanyi dapat menjadi alternatif yang efektif untuk menambah kosakata bahasa Inggris siswa.

  

 

References

Downloads

Published

2025-07-25

Issue

Section

Articles