Penguatan Konsep Matematika dalam Konteks Keragaman Indonesia melalui Permainan Tradisional Berbasis Moderasi Beragama

Authors

  • Eka Nurul Amalia Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v3i2.2765

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Permainan Tradisional, Moderasi Beragama

Abstract

Kegiatan penguatan konsep matematika dalam konteks keberagaman Indonesia melalui permainan tradisional berbasis moderasi beragama ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada peserta didik terkait konsep matematika dengan cara yang lebih konkret, menyenangkan, dan tidak kaku. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai pengenalan dan penguatan nilai-nilai moderasi beragama bagi peserta didik. Diharapkan dengan pembelajaran yang dilaksanakan dapat memberikan bekal ilmu matematika yang baik dan menguatkan nilai moderasi beragama sebagai upaya dalam mencegah konflik berlatar belakang agama pada peserta didik sekolah dasar. Pelaksaan kegiatan ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik yang diakibatkan oleh kesulitan dalam pembelajaran matematika. Beberapa literasi mendukung bahwa kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan awal atau konsep dasar dalam diri peserta didik. Ditambah dengan kondisi masyarakat Desa Kedungwungu, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan yang menjadi subjek dalam penelitian ini memiliki beragam masyarakat dengan cara ibadah yang berbeda-beda. Keberagaman tersebut akan rentan memicu konflik berlatar belakang agama. Hal tersebut mendorong peneliti dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini dengan mengintegrasikan antara pembelajaran matematikaa dengan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang melibatkan lima tahapan, yakni discovery, dream, design, define, dan destiny. Dengan dilaksanakan selama dua kali, yakni pada tanggaal 20 September 2024 dan 28 September 24, kegiatan ini dilaksanakan secara non formal di lapangan SDN 01 Kedungwungu. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara didapatkan fakta bahwa peserta didik merasa senang dengan pembelajaran yang dilakukan, lebih mudah dalam memahami konsep matematika, serta mengenal nilai-nilai moderasi beragama yang harus diterapkan dalam bermasyarakat.

Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Permainan Tradisional, Moderasi Beragama

References

Djorgi, A. K. Y. B. S. O. M. (2023). Optimalisasi Program Desa Bahasa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Melalui Komunitas English Training and Gathering (ESTAGE). DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 30–40.

Lestari, D., Tisngati, U., & Sugiyono, S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Permainan Tradisionaldan Kontribusinya Bagi Pendidikan di Sekolah Dasar. Scholarly Journal of Elementary School, 3(01), 7–14. https://doi.org/10.21137/sjes.2023.3.1.2

Liberna, H., Lestari, W., & Hikmah, N. (2023). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Damdas 16 Batu dari Betawi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9(1), 419–428. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6545

McKnight, J., & Russell, C. (2018). The four essential elements of an asset-based community development process: What is distinctive about an asset-based community development process? ABCD Institute.

OECD. (2024). PISA 2022 Results (Volume III): Creative Minds, Creative Schools, PISA. Factsheets, I, 1–9. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/

Panggabean, R. F. S. B., & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan Belajar Matematika: Analisis Pengetahuan Awal [Difficulty in Learning Mathematics: Prior Knowledge Analysis]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.2091

Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas 3 Semester 1. Manazhim, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.659

Priyanto, A., Bimantara, A. R., & Yani, A. (2022). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika Permainan Tradisional Engklak Pada Materi Bangun Datar. Adiba: Journal of Education, 2(4), 492–497. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/194

Rahmadhani, E. (2022). Etnomatemathematics dan Permainan Tradisional dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 81–94. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.81-94

Rinawati, A., Arifah, U., & H, A. F. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376

Sari, N. H. M., & Switania, R. N. (2020). Eksplorasi Konsep Matematika Dalam Permainan Tradisional Indonesia. ProSANDIKA UNIKAL: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 2(2017), 75–82. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/512

Sikombong, D., Mersi, M., Elma, E., Assi, E., & Tasik, N. K. (2024). Pentingnya Pemahaman dan Penerapan Moderasi Beragama pada Siswa dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi di SMAN 4 Tana Toraja di Era Digitalisasi. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(3), 228–232.

Yunus, F. M. (2014). Konflik Agama Di Indonesia Problem Dan Solusi Pemecahannya (Religious Conflicts in Indonesia Problems and Solutions to Solve them). Substantia : Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 16(2), 217–228.

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles