Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing Pada Umkm Jamu Tradisional "Qowiya” di Desa Bram Itam Raya

Authors

  • Yerix Ramadhani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Abdulah Haikal Fikri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v3i1.2701

Keywords:

Digital marketing, UMKM, Bram Itam Raya

Abstract

Perkembangan teknologi digital semakin dapat kita rasakan. Salah satunya yaitu kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai solusi bisnis mereka. Konsep tentang digital marketing memberikan solusi mendapatkan informasi, berinteraksi langsung bersama konsumen, memperluas produk di pangsa pasar serta meningkatkan produk penjualan bagi pelaku UMKM. Tim pengabdi KKN membantu memajukan salah satu UMKM ternama di Desa Bram Itam Raya Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat yakni Usaha Jamu Tradisional "Qowiya”. Usaha "Qowiya” membutuhkan solusi di bidang pemasaran dan pengembangan kualitas produk dalam bisnis. Tim pengabdi melakukan pelatihan dan pendampingan pada usaha jamu "Qowiya”. Tim pengabdi membantu dalam pembuatan akun instagram, pembuatan konten dan editing poster produk. Hasil evaluasi setelah kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa adanya perubuahan cara pemasaran usaha jamu "Qowiya” dalam mempromosikan produknya menggunakkan media sosial.

References

Abed, M. Y., Maulidah, F., Madina, N. I., Fitriyah, R. H., Fikri, A., Syafitri, N. A.,Budiwitjaksono, G. S. (2022). Pelatihan kewirausahan berbasis digital marketing pada umkm di kecamatan lakarsantri: praktik kuliah kerja nyata. jurnal abdimas patikala, 1(4).

Muhtar. (2023, April 4). UICI . Retrieved from UICI Web site: https://uici.ac.id/ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan diindonesia

Fadila, A. (2020, Maret 26). Industri food & beverage ikut terdampak wabah virus corona. Kontan.co.id. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/industri-food-beverageikut-terdampak-wabah-virus-corona.

Nuslih Jamiat, S. E. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing pada pengerajin Tahu Bungkeng Kabupaten Sumedang. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(2), 67-88.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47

Karlina, N., Halim, H. A., Azizi, M. F., Athusholihah, A., & Tarliyah, A. (2020). Pemberdayaan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Desa Cisempur Dan Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Ecommerce. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 262. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i3.24592

Maq, M. M. (2022). Program Pendampingan Kewirausahaan Kecil Menengah pada Usaha Makanan Ringan di Desa Leuwimunding. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(6), 493–498. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i6.1295

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles