Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing Pada Umkm Jamu Tradisional "Qowiya” di Desa Bram Itam Raya
DOI:
https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v3i1.2701Keywords:
Digital marketing, UMKM, Bram Itam RayaAbstract
Perkembangan teknologi digital semakin dapat kita rasakan. Salah satunya yaitu kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai solusi bisnis mereka. Konsep tentang digital marketing memberikan solusi mendapatkan informasi, berinteraksi langsung bersama konsumen, memperluas produk di pangsa pasar serta meningkatkan produk penjualan bagi pelaku UMKM. Tim pengabdi KKN membantu memajukan salah satu UMKM ternama di Desa Bram Itam Raya Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat yakni Usaha Jamu Tradisional "Qowiya”. Usaha "Qowiya” membutuhkan solusi di bidang pemasaran dan pengembangan kualitas produk dalam bisnis. Tim pengabdi melakukan pelatihan dan pendampingan pada usaha jamu "Qowiya”. Tim pengabdi membantu dalam pembuatan akun instagram, pembuatan konten dan editing poster produk. Hasil evaluasi setelah kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa adanya perubuahan cara pemasaran usaha jamu "Qowiya” dalam mempromosikan produknya menggunakkan media sosial.
References
Abed, M. Y., Maulidah, F., Madina, N. I., Fitriyah, R. H., Fikri, A., Syafitri, N. A.,Budiwitjaksono, G. S. (2022). Pelatihan kewirausahan berbasis digital marketing pada umkm di kecamatan lakarsantri: praktik kuliah kerja nyata. jurnal abdimas patikala, 1(4).
Muhtar. (2023, April 4). UICI . Retrieved from UICI Web site: https://uici.ac.id/ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan diindonesia
Fadila, A. (2020, Maret 26). Industri food & beverage ikut terdampak wabah virus corona. Kontan.co.id. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/industri-food-beverageikut-terdampak-wabah-virus-corona.
Nuslih Jamiat, S. E. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing pada pengerajin Tahu Bungkeng Kabupaten Sumedang. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(2), 67-88.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47
Karlina, N., Halim, H. A., Azizi, M. F., Athusholihah, A., & Tarliyah, A. (2020). Pemberdayaan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Desa Cisempur Dan Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Ecommerce. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 262. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i3.24592
Maq, M. M. (2022). Program Pendampingan Kewirausahaan Kecil Menengah pada Usaha Makanan Ringan di Desa Leuwimunding. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(6), 493–498. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i6.1295
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 LOKOMOTIF ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
LOKOMOTIF ABDIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.







