Meningkatkan Keterampilan Berbasis Al-Qur'an melalui TPA Menjadi TPSA di Desa Pulau Layang

Authors

  • Muhammad Junaidi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Tati Wulandari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dandi Irawan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v2i2.2697

Keywords:

Pendidikan Islam, Taman Pendidikan Al-Qur'an, Taman Pendidikan Seni Al-Qur'an

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui program dan pelaksanaan pendidikan di TPQ/TPSA di desa pulau layang, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat program dan pelaksanaan pendidikan di TPQ/TPSA. Jenis penelitian ini adalah partisipatori of research action yaitu metode riset yang dilaksanakan secara partisipatif di antara warga masyarakat dalam suatu komunitas aras bawah yang semangatnya untuk mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif melakukan pembebasan masyarakat dari belenggu ideologi dan relasi kekuasan (perubahan kondisi hidup yang lebih baik) (Junaedi 2012). Taman Pendidikan Al-Qur'an adalah lembaga pendidikan dan pengajaran Islam luar sekolah atau dapat disebut juga sebagai pendidikan non formal untuk anak-anak usia SD (usia 7-12 tahun), yang mendidik santri agar mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid sebagai target pokoknya. Sama halnya dengan Taman Pendidikan seni Al-Qur'an, hanya saja disini lebih menenkankan anak kepada gaya baca terhadap al-qur'an (Seni baca Al-Qur'an). Berangkat dari pengertiannya, kami mencoba menerapkan TPA menjadi TPSA kepada anak-anak yang ada di desa pulau layang. Mengapa demikian? Karena, di desa pulau layang masih belum menekankan kesenian di dalam membaca Al-qur'an, sehingga kami mengambil inisiatif menerapkan Taman Pendidikan seni Al-Qur'an di desa pulau layang (Aunurrahman 2015).  Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, sedikit anak sudah mengubah gaya membaca Al-qur'an, dari yang semula hanya memprioritaskan kelancaran dalam membacanya saja sekarang sudah memperlihatkan seni baca yang terdapat pada setiap huruf yang di baca. Hasil ini menunjukkan bahwa Taman Pendidikan seni Al-Qur'an dapat meningkatkan keindahan anak-anak dalam membaca Al-qur'an di desa pulau layang.

References

Afandi, Agus. 2013. "Articipatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif.” Africa's Potential for the Ecological Intensification of Agriculture 53(9):1689–99.

Aunurrahman. 2015. "Pembelajaran Seni Baca Al-Qur`an.” 15–68.

Junaedi, Fajar. 2012. "Participatory Action Research, Metode Riset Untuk Analisis Sosial Partisipatif.” (1944):1–4.

Kusnadi, Muh. Zulkarnain, and Hawirah. 2019. "Peran Taman Pendidikan Al-Qur‘am (TPQ) Dalam Menyelenggarakan Pendidikan Al-Qur‘an Di Di Mesjid Al-Latif Conggi Desa Padaelo Kec. Kajuara Kab. Bone.” 9–25.

Downloads

Published

2024-08-20

Issue

Section

Articles