Meningkatkan Keterampilan Berbasis Al-Qur'an melalui TPA Menjadi TPSA di Desa Pulau Layang
DOI:
https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v2i2.2697Keywords:
Pendidikan Islam, Taman Pendidikan Al-Qur'an, Taman Pendidikan Seni Al-Qur'anAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui program dan pelaksanaan pendidikan di TPQ/TPSA di desa pulau layang, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat program dan pelaksanaan pendidikan di TPQ/TPSA. Jenis penelitian ini adalah partisipatori of research action yaitu metode riset yang dilaksanakan secara partisipatif di antara warga masyarakat dalam suatu komunitas aras bawah yang semangatnya untuk mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif melakukan pembebasan masyarakat dari belenggu ideologi dan relasi kekuasan (perubahan kondisi hidup yang lebih baik) (Junaedi 2012). Taman Pendidikan Al-Qur'an adalah lembaga pendidikan dan pengajaran Islam luar sekolah atau dapat disebut juga sebagai pendidikan non formal untuk anak-anak usia SD (usia 7-12 tahun), yang mendidik santri agar mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid sebagai target pokoknya. Sama halnya dengan Taman Pendidikan seni Al-Qur'an, hanya saja disini lebih menenkankan anak kepada gaya baca terhadap al-qur'an (Seni baca Al-Qur'an). Berangkat dari pengertiannya, kami mencoba menerapkan TPA menjadi TPSA kepada anak-anak yang ada di desa pulau layang. Mengapa demikian? Karena, di desa pulau layang masih belum menekankan kesenian di dalam membaca Al-qur'an, sehingga kami mengambil inisiatif menerapkan Taman Pendidikan seni Al-Qur'an di desa pulau layang (Aunurrahman 2015). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, sedikit anak sudah mengubah gaya membaca Al-qur'an, dari yang semula hanya memprioritaskan kelancaran dalam membacanya saja sekarang sudah memperlihatkan seni baca yang terdapat pada setiap huruf yang di baca. Hasil ini menunjukkan bahwa Taman Pendidikan seni Al-Qur'an dapat meningkatkan keindahan anak-anak dalam membaca Al-qur'an di desa pulau layang.
References
Afandi, Agus. 2013. "Articipatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif.” Africa's Potential for the Ecological Intensification of Agriculture 53(9):1689–99.
Aunurrahman. 2015. "Pembelajaran Seni Baca Al-Qur`an.” 15–68.
Junaedi, Fajar. 2012. "Participatory Action Research, Metode Riset Untuk Analisis Sosial Partisipatif.” (1944):1–4.
Kusnadi, Muh. Zulkarnain, and Hawirah. 2019. "Peran Taman Pendidikan Al-Qur‘am (TPQ) Dalam Menyelenggarakan Pendidikan Al-Qur‘an Di Di Mesjid Al-Latif Conggi Desa Padaelo Kec. Kajuara Kab. Bone.” 9–25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 LOKOMOTIF ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
LOKOMOTIF ABDIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.







