Psikoedukasi Orientasi Masa Depan pada Remaja di SMA Nusantara Desa Kedungpring Kecamatan Balongpanggang

Authors

  • Wildatun Nabila Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ima Fitri Solichah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v2i2.2694

Keywords:

Remaja, Psikoedukasi, Orientasi Masa Depan

Abstract

Abstrak

Seorang remaja tentunya diharapkan sudah dapat merumusukan minat mereka dalam hal-hal tertentu misalnya seperti pilihan karier (melanjutkan pendidikan atau mengikuti pelatihan pengembangan keterampilan), pilihan untuk menikah ataupun mengurus keluarga. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Erikson Isu psikososial yang dialami pada tahap ini yakni terkait identitas versus kebingungan peran. Seorang remaja tentunya diharapkan sudah dapat merumusukan minat mereka dalam hal-hal tertentu misalnya seperti pilihan karier (melanjutkan pendidikan atau mengikuti pelatihan pengembangan keterampilan), pilihan untuk menikah ataupun mengurus keluarga. Perencanaan dalam hidup perlu menerapkan adanya pemikiran yang berorientasi ke arah masa depan. Orientasi masa depan adalah proses dengan beberapa tahapan yang kompleks yang dijelaskan dalam tiga proses psikologis utama, motivasi, perencanaan, dan evaluasi. Peserta kegiatan psikoedukasi ini diikuti oleh seluruh siswa siswi SMA Nusantara dengan kriteria usia remaja yaitu usia 12-25 tahun. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Orientasi Masa Depan. Hal ini bertujuan untuk siswa dapat membuat rancangan terkait tujuan masa depannya, selain itu kegiatan ini berbentuk psikoedukasi yang telah disepakati oleh siswa. Kegiatan psikoedukasi yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 2 jam telah terlaksana dengan baik. Adapun capaian dalam kegiatan ini diantaranya terdapat beberapa siswa yang mengatakan bahwa ia memiliki arah tindakan yang jelas, dan terdorong untuk melakukannya untuk mencaai tujuan yang ingin dicapai dimasa yang akan mendatang.

References

Hadiyanti, Salsabila Wahyu, & Krisnani, Hetty (2022). Penerapan Metode Orientasi Masa Depan (Omd) Pada Remaja Yang Mengalami Kebingungan Identitas (Menentukan Tujuan Hidup). : Social Work Jurnal, 7 (1), 1-129.

Lyana, Hanny, Carlos, Yohannes, & Soetikno, Naomi. (2022). Psikoedukasi Orientasi Masa Depan Pada Dewasa Awal Dusun Tegal Bedug Desa Tamansari Kabupaten Indramayu. Jakarta, Indonesia: Pemberdayaan Dan Perlindungan Konsumen Di Era Ekonomi Digital.

Nugroho, Sigit, Adiyanti, M.G. (2011). Program Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Menangani Bullying. Jurnal Intervensi Psikologi. 3 (1), 25-48.

Latisi, Mega Puspita, Sofia, Lisda, Suhesty, Aulia.(2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Orientasi Masa Depan Pada Siswa SMA Negeri X Samarinda. Psikoborneo Jurnal Imiah Psikologi. 9 (1), 188-201.

Ulitua, Aretha Ever & Ratnaningsih, Ika Zenita. (2019). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan Dengan Keterlibatan Siswa Kelas X Di SMKN 11 Semarang. Jurnal Empati. 9 (3), 217-223.

Lestari, Evi. (2014). Hubungan Orientasi Masa Depan Dengan Daya Juang Pada Siswa-Siswi kelas XII Di SMA Negeri 13 Samarinda Utara. Psikoborneo. 2 (2), 112-119.

Horstmanshof, L. & Zimitat, C. (2007). Future time orientation predicts academic engagement among first-year university students. British Journal of Educational Psychology, 77, 703-718. doi: 10.1348/000709906X160778.

Desmita. (2013). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agusta, Y. N. (2015). Hubungan antara orientasi masa depan dan daya juang terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di universitas mulawarman. Jurnal Psikologi, 3 (1), 373.

Jahja, Y. (2015). Psikologi perkembangan. Jakarta: Prenamedia Group.

Yusuf, S. L. N. (2017). Bimbingan dan konseling perkembangan : Suatu pendekatan komprehensif. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurmi, J. E. (1989). Adolescent's orientation to the future: development of interest and plans, and related atributions and effects in the life span context. Helsinski: Finnish Society of Science.

Monks, F. J., Knoers, A. M., &Haditono, S. R. (2002).Psikologiperkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Santrock, J. W. (2002). Life-span development: PerkembanganMasaHidup . Jilid 2.Edisi 5.Alih ahasa :Chusairi, & Damanik. Jakarta: Erlangga.

Seginer, R,. (2010). Future Orientation: Developmental and Ecological Perspectives. The Springer Series on Human Exceptionaly. USA: Springer US.

Jembarwati, Otih. () Pelatihan Orientai Masa Depan Dan Harapan Keberhasilan Studi Pada Mahasiswa. Humanitas. 12 (1), 45-51.

Downloads

Published

2024-08-20

Issue

Section

Articles