SOSIALISASI PENGGUNAAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN AKTUALISASI GURU MGMP MATEMATIKA RAYON 2 DI MTsN 2 KOTA JAMBI

Authors

  • Elis Muslimah Nuraida Program Studi Tadris Matematika, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ali Murtadlo Program Studi Tadris Matematika, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Defina Dwi Bulan Program Studi Tadris Matematika, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mutiara Amalia Program Studi Tadris Matematika, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i2.1647

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini yaitu agar guru MGMP bidang mapel matematika bisa mengaktualisasikan diri melalui kegiatan sosialisasi penggunaan WordWall agar guru-guru bisa lebih beriinovasi dalam pembelajaran matematika sehingga pembelajaran matematika akan lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal. Kegiatan PKM ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan Praktek. Kegiatan PKM ini diikuti oleh 18 orang guru matematika yang berasal dari MTs yang berbeda-beda se Kota Jambi dan 10 dosen Tadris matematika UIN STS Jambi. Kegiatan PKM ini berlangsung dengan baik, antusias diikuti dengan tertib oleh guru MGMP rayon 2 MTsN kota jambi. Hasil Kegiatan ini berdampak positif bagi guru-guru untuk menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi WordWall.

References

Aidah, N. & Nurafni. 2022. Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di Sdn Ciracas 05 Pagi. Jurnal Pendidikan Volume 11 No 2.

Hae, Y., & Rezeki Patricia Tantu, Y. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Penerapan Media

Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1177–1184. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.522.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Jendral No. 15 Tahun 2020. 09, 1–12.

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media WordWall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 65.

Nisa, Siti, F. & Renoningtyas Novida. 2021. Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5.

Pradani, T.G. 2022. Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar Peserta didik pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Rahayu, D.P & Roektiningrum, E. 2022. Workshop Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berorientasi Life Skills dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan Matematika. 6(2).

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada

Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. 4(April), 195–199.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://Doi.Org/10.15408/Sjsbs.V7i5.15314.

Subiyantoro. & Devi, A.D. 2021. Implementation Of Democratic Leadership Style And Transformational Head Of Madrasah In Improving The Quality. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 6, Issue 1

Sun'iyah, Siti, L. 2020. Sinergi Peran Guru dan Orang Tua dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran Pai Tingkat Pendidikan Dasar di Era Pandemi Covid-19.

Supriyanti. & Cholil, M. 2017. Aplikasi Technology Acceptance Model Pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 17, No. 1

Tambunan, M.R. 2020. Kebijakan Perpajakan Di Indonesia Untuk Kemudahan Ekonomi Saat Masa Pandemi Covid-19.

Wafiqni, N. & Putri, F. M. 2021. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles