This is an outdated version published on 2023-01-28. Read the most recent version.

PELATIHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN MENINGKATKAN NILAI JUAL PADA UMKM DI DESA PEMATANG KOLIM

Authors

  • Nurfitri Martaliah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i2.1646

Abstract

UMKM atau usaha mikro, kecil, dan menengah diartikan sebagai bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongan UMKM lazimnya dilakukan dengan batasan omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset, serta jumlah karyawan. Sedangkan usaha yang tak masuk sebagai UMKM dikategorikan sebagai usaha besar, yakni usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usaha dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari usaha menengah, yang meliputi usaha nasional milik negara atau swasta, usaha patungan, dan usaha asing yang melakukan kegiatan ekonomi di Indoonesia. Di Tanah Air, arti UMKM memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian negara. Ini karena sektor UMKM adalah penyumbang PDB terbesar, paling banyak menyerap lapangan kerja, serta relatif tahan terhadap krisis keuangan. UMKM Keripik Singkong yang berada di Dusun 3 Sri Mulya Desa Pematang Kolim. Memberikan pendampingan dan penguatan kemandirian UMKM. Keripik singkong merupakan jenis makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarkat.

References

Agus aripin : struktur industry dan tingkat produktivitas dan efesiensi ekonomi dalam pemenuhan kehidupan lebih layak, 2011

Alvianita,Eva, Pengaruh Produksi Terhadap Pendapatan Usaha Aneka Keripikdi Kabupaten Aceh Barat Daya, Skripsi (Universitas Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat 2014).

Hamidah, Mutmaini, Abdul Hamid A. Yusra, dan Jajat Sudrajat, Analisis Nilai Tambah Agroindustri Keripik ubi di kota Pontianak, Jurnal Social Economic of Agriculture, Volume 4, Nomor 2 Desember 2015.

Try uteri dan futu martini : pengaruh modal, pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan umkm 2006

Downloads

Published

2023-01-28

Versions

Issue

Section

Articles