PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL SEBAGAI SARANA MENCIPTAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i1.1644Abstract
Pelatihan penggunan aplikasi wordwall sebagai sarana menciptakan media pembelajaran interaktif merupakan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh tim dari Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Pengabdian ini diselenggarakan di sekolah yang telah menjalin kerja sama yang juga merupakan labor bagi calon-calon guru lulusan Fakultas Tarbiyah dan keguruan, yang menjadi subjek pengabdian ini adalah guru-guru di MTs Laboratorium Kota Jambi. Adapun tujuan pengabdian yang diselenggarakan ini adalah untuk memberi informasi mengenai bagaimana cara penggunaan wordwall dalam menyiapkan media pembelajaran sehingga dapat menjadi solusi untuk menciptakan suatu pembelajaran interaktif dengan menjeleskan melalui materi dan praktek serta memberikan sebuah pembaharuan yang lebih menarik karena wordwall merupakan aplikasi edukasi diharapkan dapat menarik minat siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyampaian materi dari pemateri. Pemateri menjelaskan pengetahuan atau informasi mengenai wordwall secara teoritis dan selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan praktek langsung oleh peserta. Penjelasan teori disampaikan dengan menyajikan slide ppt dari pemateri sedangkan kegiatan praktek langsung dilaksanakan dengan peserta mempraktekan langsung dengan menggunakan perangkat dengan mengikuti langkah-langkah penggunaan wordwall secara detail. Hasil yang diperoleh adalah para guru mengetahui inovasi terbaru tentang penggunaan media pembelajaran interaktif dan para guru sudah dapat mengaplikasikan wordwall dengan mampu membuat materi ajar,media atau alat evaluasi sendiri dari aplikasi wordwall tersebut. Hal demikian dapat dilihat dari hasil wawancara sebelum kegiatan pengabdian diselenggarakan, menurut penjelasan beberapa guru masih banyak guru yang belum mengenal teori maupun praktek penggunaan wordwall, jika dipersentasekan guru yang belum mengenal wordwall sekitar 95%. Setelah adanya kegiatan pengabdian dengan melakukan pekatihan penggunaan wordwall secara keseluruhan guru yang mengikuti kegiatan pengabdian memahami teori dan mampu mempraktiank wordwall dalam pembelajaran. Dampak positif dengan adanya kegiatan pengabdian ini adalah terjalin eratnya kerjasama antara tim pengabdian dalam hal ini dosen prodi tadris matematika dan mitra pengabdian yakni MTs Laboratorium kota Jambi, selain itu juga kegiatan ini bisa dijadikan jembatan untuk mempromosikan kampus, program studi matematika khususnya.
References
Anwar Zulkifli, Enung Mariah, F. U. (2019). Efektivitas penggunaan media word wall (jidaru al kalmah) dalam penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas x sma negeri 1 pangkep, 3.
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. JPK : Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64–70. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Mu'ah, M., Suyanto, U. Y., Romadhona, D., Hidayati, N., & Askhar, B. M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Pembelajaran Interaktif bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 122–128. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3986
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Ningrum, eva puspa lia, S. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK BERBASIS GAME. Prosiding SNP2M UMAHA 2021, 1(1), 102–105.
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 452–457.
Putri Fanny Mestyana. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN CACAH KELAS 1 DI MIN 2 KOTA TANGERANG SELATAN.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Shebastian, I. G. R., Putrama, I. M., & Suyasa, P. W. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif " Pengenalan Hewan Dan Tumbuhan ” Pada Mata Metode Gamefikasi Untuk Siswa Kelas Ii Di Sekolah Dasar. Karmapati, 9(Mdlc).
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Meirisa sahanata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
LOKOMOTIF ABDIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.







