PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL SEBAGAI SARANA MENCIPTAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Authors

  • Meirisa sahanata UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rosi Widia Asiani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ega Dwi Syahputri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ayu Putri Pradani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i1.1644

Abstract

Pelatihan penggunan aplikasi wordwall sebagai sarana menciptakan media pembelajaran interaktif merupakan pengabdian   kepada   masyarakat   yang   diselenggarakan oleh   tim dari  Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin  Jambi. Pengabdian ini  diselenggarakan di sekolah yang telah  menjalin kerja sama yang  juga  merupakan labor bagi calon-calon guru lulusan Fakultas Tarbiyah dan keguruan, yang menjadi subjek pengabdian ini adalah guru-guru di MTs Laboratorium Kota Jambi. Adapun tujuan  pengabdian  yang diselenggarakan ini adalah untuk  memberi informasi mengenai bagaimana cara penggunaan wordwall dalam menyiapkan media pembelajaran sehingga dapat menjadi solusi untuk menciptakan suatu pembelajaran interaktif dengan menjeleskan melalui materi dan praktek serta  memberikan sebuah pembaharuan  yang  lebih  menarik  karena  wordwall merupakan aplikasi edukasi diharapkan dapat menarik minat siswa dalam proses pembelajaran.  Metode  yang  digunakan  dalam pengabdian ini adalah  penyampaian materi  dari  pemateri.   Pemateri   menjelaskan  pengetahuan atau informasi mengenai wordwall  secara  teoritis  dan  selanjutnya  dilanjutkan dengan kegiatan praktek langsung oleh peserta.  Penjelasan  teori  disampaikan dengan  menyajikan  slide ppt  dari  pemateri  sedangkan  kegiatan praktek langsung dilaksanakan  dengan  peserta mempraktekan langsung dengan menggunakan perangkat dengan mengikuti  langkah-langkah  penggunaan wordwall secara  detail.  Hasil  yang  diperoleh  adalah  para guru mengetahui inovasi terbaru tentang  penggunaan media pembelajaran interaktif  dan para guru sudah dapat mengaplikasikan wordwall dengan mampu  membuat  materi ajar,media atau alat evaluasi sendiri  dari  aplikasi  wordwall tersebut.  Hal  demikian  dapat dilihat  dari  hasil wawancara sebelum  kegiatan  pengabdian  diselenggarakan,  menurut penjelasan beberapa guru  masih banyak guru yang   belum   mengenal  teori  maupun  praktek  penggunaan  wordwall, jika dipersentasekan guru yang belum mengenal wordwall sekitar 95%. Setelah adanya kegiatan pengabdian dengan melakukan pekatihan penggunaan wordwall secara keseluruhan guru yang mengikuti kegiatan pengabdian memahami  teori  dan mampu mempraktiank wordwall dalam pembelajaran.   Dampak positif dengan  adanya kegiatan  pengabdian ini adalah terjalin eratnya  kerjasama antara tim pengabdian dalam hal ini dosen prodi tadris matematika dan mitra pengabdian yakni MTs Laboratorium kota Jambi, selain itu juga kegiatan ini bisa dijadikan jembatan untuk mempromosikan kampus, program studi matematika khususnya.

References

Anwar Zulkifli, Enung Mariah, F. U. (2019). Efektivitas penggunaan media word wall (jidaru al kalmah) dalam penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas x sma negeri 1 pangkep, 3.

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. JPK : Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64–70. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Mu'ah, M., Suyanto, U. Y., Romadhona, D., Hidayati, N., & Askhar, B. M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Pembelajaran Interaktif bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 122–128. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3986

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109

Ningrum, eva puspa lia, S. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK BERBASIS GAME. Prosiding SNP2M UMAHA 2021, 1(1), 102–105.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 452–457.

Putri Fanny Mestyana. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN CACAH KELAS 1 DI MIN 2 KOTA TANGERANG SELATAN.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Shebastian, I. G. R., Putrama, I. M., & Suyasa, P. W. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif " Pengenalan Hewan Dan Tumbuhan ” Pada Mata Metode Gamefikasi Untuk Siswa Kelas Ii Di Sekolah Dasar. Karmapati, 9(Mdlc).

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295

Downloads

Published

2023-01-27

Issue

Section

Articles