PENGARUH MENONTON VIDEO DAKWAH GUS BAHA DAN USTADZ KHALID BASALAMAH TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS PADA MASYARAKAT
Abstract
This research was conducted to determine the influence of two preachers who are quite well known in society, namely Gus Baha and Ustadz Khalid Basalamah. In this research the author wants to see the influence of the da'wah they spread using preaching videos on the level of religiosity in society. Religiosity is certainly an important thing in an individual's life because religiosity is a belief that contains values in living life. This research uses quantitative methods with random sampling data collection techniques with the population being people who use social media to watch videos of the preaching of Gus Baha and Ustadz Khalid Basalamah. A sample of 121 respondents was collected. The results of the research show that watching Gus Baha and Ustadz Khalid Basalamah's Da'wah videos has an influence on the religiosity of society. The higher percentage level of influence when watching Gus Baha's preaching videos is based on the results of the Reliability test which produced Gus Baha's Cronbach's Alpha of 0.963 > 0.60 while Usadz Khalid Basalamah's Cronbach's Alpha was 0.954 > 0.60. The entire questionnaire and reliability calculations in this study can be declared valid and reliable.
References
Ahmad Syauqi Alby, Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Dakwah Habib Husein Ja’far di Youtube Terhadap Tingkat Religiusitas Remaja (survey pada followers Instagram @husein_hadar), (Skripsi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2023), h. 9.
Anang Sugeng Cahyono, Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia, Publiciana Univeristas Tulungagung, 2016, https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79, diakses pada tanggal 12 Desember 2023.
Ancok Suroso, Psikologi Islam, Solusi Islam dan Problem-problem Psikologi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008),
Arthur S. Reber dan Emily S. Reber, Kamus Psikologi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010),
Awaliyah Frisnawati, Hubungan Antara Intensitas Menonton Reality Show Dengan Kecenderungan Perilaku Prososial Pada Remaja, Empathy, Vol. 1, No. 1, 2012,
Chaplin, Kamus Lengkap Psikologi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011), h. 254.
Darojat, Pengaruh Kegiatan Dakwah Terhadap Religiusitas Mahasiswa di Lembaga Dawah Kampus (LDK) KORPS Dakwah Univeritas Islam Indonesia (KODISIA) Tahun 2017, Skripsi, UII Yogyakarta. 2018.
Databoks, Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga awal 2023, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal 2023#:~:text=Menurut%20laporan%20We%20Are%20Social,juta%20orang%20per%20Januari%202023. Diakses pada tanggal 12 Desember 2023.
Deepublish, Teknik Pengambilan Sampel: 11 Macam dan Contoh Lengkapnya, https://penerbitdeepublish.com/teknik-pengambilan-sampel/, Diakses pada tanggal 13 Desember 2023.
Dendy Sugiono, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi-4, (Jakarta: Gramedia Utama, 2008),
Deni Darmawan, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016),
Edi Kusnadi, Metodologi Penelitian Aplikasi dan Praktis, (Jakarta: Ramayana Pres, 2008),
Firmansyah, Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas Pasien Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kesehatan, (Semarang: Universitas Diponegoro, 2010),
Frinawati Awaliyah, Hubungan Antara Intensitas Menonton Reality Show dengan Kecenderungan Perilaku Prososial pada Remaja, Empaty: Jurnal Fakultas Psikologi, Vol. 1, No. 2, 2013,
Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar , Metodologi Penelitian Sosial, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian Skripsi Tesis Disertasi, dan Karya Ilmiah, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012),
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013),
M. Arif Wicaksono, Pengaruh Media Sosia Instagram @wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers, JOM FISIP, Vol. 4, No. 2, 2017.
Mery Magdalena, Situs Gaul, Gak Cuma Buat Ngibul, (Jakarta: Gramedia, 2009),
Muhammad Soleh Ritonga, Membentuk Kepribadian Muslim Yang Kaffah Muhammad, Jurnal Al-Ashriyyah, Vol. 3, 2017,
Muhibuddin Fadhli dan Dian Kristiana, Hubungan Intensitas Menonton Youtube dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Vol. 3, No. 2, 2019,
Pipir Romadi, Intensitas Menonton Video Dakwah Melalui Media Platform Online Dengan Tingkat Religiusitas, Jurnal Idarotuna, Vol. 2, No. 2, 2020,
Raka adnan Rifhano dan Muhammad Sufyan Abdurrahman, Pengaruh Intensitas Mengakses Youtube Terhadap Aktifitas Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University, Universitas Telkom Vol. 5, No. 2. 2018,
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010), h. 118.
Shifa Fauziah, Pengaruh Intensitas Menonton Youtube Audio Dakwah Ustad Adi Hidayat Terhadap Kesadaran Bahaya Zina Pada Siswa/Siswi SMK Averus Jakarta Selatan, (Ciputat: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020),
Sidik Priadana dan Denok Sunarsi, Metode Penelitian Kuantitatif, (Tangerang Selatan: Pascal Books, 2021),
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015),
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010),
TafsirWeb, Surat Ali Imran Ayat 104 Arab, Latin, Terjemah dan Tafsir, https://tafsirweb.com/1236-surat-ali-imran-ayat-104.html, diakses pada tanggal 12 Desember 2023.
Umdatul Qorina, Pengaruh Terpaan Media Dakwah “Pemuda Hijrah” Melalui Instagram Terhadap Sikap Religiusitas ( Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Followers Instagram @shiftmedia.id), UMM, 2019.
Wahyu Anggun Ningtiyas dan Nunung Suryati, Student Intensity In Watching English Video On Youtube And Their Listening Skill: A Correlational Study, J-ELLiT, Vol. 04, No. 02, 2020,
Zakiyah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang, 2007)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Qaulan Baligha: Jurnal Ilmu Manajemen Dakwah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


