Eksistensialisme Sartre dalam Perbedaan Pengalaman Bekerja di Rumah dengan Cafe Bagi Kopi

Authors

  • Syifa Salmah Muthmainah Communication Science Department, Faculty of Social Science and Political Sciences, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Deva Naufal Fadhilla Communication Science Department, Faculty of Social Science and Political Sciences, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Rustono Farady Marta Communication Science Department, Faculty of Social Science and Political Sciences, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-2282-4081
  • Andreas Lumampauw Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia, Indonesia
  • Maichel Chinmi Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30631/mauizoh.v10i1.123

Keywords:

Work From Home, Work From Cafe, Existentialism, Jean-Paul Sartre

Abstract

Penelitian ini membahas perbedaan pengalaman pekerja yang memilih antara Work From Home (WFH) dan Work From Cafe (WFC) dalam perspektif eksistensialisme Jean-Paul Sartre. Studi ini menemukan bahwa pilihan lokasi kerja tidak hanya memiliki implikasi praktis tetapi juga mempengaruhi aspek eksistensial pekerja, termasuk kebebasan, tanggung jawab, dan makna kerja. WFH memberikan fleksibilitas tetapi dapat menyebabkan isolasi sosial, sementara WFC menawarkan interaksi sosial yang lebih aktif tetapi memiliki tantangan tersendiri terkait gangguan lingkungan. Model kerja hybrid menjadi solusi yang semakin populer karena menggabungkan manfaat dari kedua pendekatan ini. Temuan ini dapat membantu organisasi dalam merancang kebijakan kerja yang lebih inklusif dan berorientasi pada kesejahteraan pekerja.

Author Biographies

  • Syifa Salmah Muthmainah, Communication Science Department, Faculty of Social Science and Political Sciences, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Indonesia

    Syifa Salmah Muthmainah is an active student at Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), majoring in 5th Semester Communication Science, Faculty of Social Science and Political Science, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Indonesia.

  • Deva Naufal Fadhilla, Communication Science Department, Faculty of Social Science and Political Sciences, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Indonesia

    Deva Naufal Fadhilla is an active student at Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), majoring in 5th Semester Communication Science, Faculty of Social Science and Political Science, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Indonesia.

  • Rustono Farady Marta, Communication Science Department, Faculty of Social Science and Political Sciences, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Indonesia

    Dr. Rustono Farady Marta, S.Sos., M.Med.Kom. (蔡益安-FRAD) is a visiting assistant professor at the Faculty of Psychology at Atma Jaya Catholic University of Indonesia and Vice Rector of Student Journey & Enrollment, Alumni Affairs, Partnership at Universitas Satya Negara Indonesia (USNI). His research interest on identity and media studies as one of masterpiece PhD of Communication Science at Universitas Indonesia. He also focus in development of scientific journal by Indonesian Communication Science Journal Publishers Association (APJIKI). His research track record can be traced through SINTA ID: 259075, Scopus Author ID: 57211404689, Web of Science (WoS) Researcher ID: X-1554-2019

  • Andreas Lumampauw, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia, Indonesia

    Andreas Lumampauw S.I.Kom, M.I.Kom., akrab disapa "Pauw" merupakan praktisi profesional bidang komunikasi. Telah berpengalaman lebih dari 8 tahun pekerjaan komunikasi pemasaran seperti relasi publik, media, event, kolaborasi eksternal, riset. Pauw juga merupakan dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia, Indonesia. Ia meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dengan spesialisasi hubungan masyarakat dari Universitas Bunda Mulia, Jakarta. Ia juga sudah mendapatkan gelar Magister Ilmu Komunikasi dari Universitas Bunda Mulia, Jakarta. Minat penelitiannya mencakup studi komunikasi dengan fokus khusus pada komunikasi multikultural, komunikasi pemasaran, dan branding. Pauw juga telah tersertifikasi bidang Event Marketing Communication dari Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas). Gelar non akademik juga pernah diraih oleh Pauw sebagai Abang Jakarta tahun 2018 dan Koko Jakarta tahun 2019.

  • Maichel Chinmi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia, Indonesia

    Maichel Chinmi, DipBS, S.Pd., M.I.Kom., atau yang akrab disapa "Chinmi," merupakan dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia, Indonesia. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dengan spesialisasi Sastra Inggris dari Universitas Pelita Harapan, Karawaci. Selain itu, ia juga menyelesaikan Diploma Teologi di University of Word of Life, Filipina, serta gelar Magister Ilmu Komunikasi dari Universitas Bunda Mulia. Minat penelitiannya mencakup studi media dan komunikasi, dengan fokus khusus pada komunikasi multikultural, komunikasi digital, dan branding.

References

Aulia, H., Maulana Yusuf, I., & Delvi Ramadani, N. (2021). DAMPAK KERJA DARI RUMAH (WFH) TERHADAP EFEKTIVITAS PEGAWAI SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 3(1). https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/JSDA/article/view/276/195

Bloom, N., Han, R., & Liang, J. (2024). Hybrid working from home improves retention without damaging performance. Nature, 630(8018), 920–925. https://doi.org/10.1038/s41586-024-07500-2

Fantini, E., & Ardianto, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Iklan dan Celebrity Endorser di Instagram terhadap Minat Beli Followers (Studi Kasus pada Followers Aktif Akun Instagram @merche.id). Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(1), 36–41. https://doi.org/10.59408/netnografi.v2i1.17

Evanytha, Farady Marta, R., Panggabean, H., & Amanda, M. (2022). Stigma Sosial Pengangguran di Media Daring Amerika Serikat pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Komunikasi, 16(2), 169–186. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss2.art5

Fadilah, K., Pramono, T. T., Marta, R. F., Fernando, J., & Hidayat, E. (2022). MENELUSURI IDEOLOGI MEDIA TEMPO.CO MELALUI KONSTRUKSI REALITAS BERITA AMANDEMEN UUD 1945. Jurnal Jurnalisa, 8(1). https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v8i1.28254

Faridah, U. (2021). KESADARAN TEOLOGI IRSHAD MANJI : Studi Analisa Eksistensialis Jean Paul Sartre. JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 6(2). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jaqfi/article/view/12796/6470

Fauzan, M., & Hambali, R. Y. A. (2023). Kebebasan Individu dalam Tinjauan Filsafat Eksistensialisme Jean Paul Sartre. Gunung Djati Conference Series, 19. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1543/1090

Heryadi, R., Fauzi, A., Alamsyah, N., Maulana, T., Faisal, R., Aini, N. ’, & Arissani, S. (2022). DAMPAK WORK FROM HOME (WFH) DI MASA PENDEMI COVID-19 TERHADAP KINERJA KARYAWAN. 7(6). https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i6.7325

Jamil, A., Briandana, R., Marta, R. F., & Putri, Y. M. A. (2021). Representasi Perdamaian dan Harmoni: Analisis Semiotika pada Iklan YouTube. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 7(2), 125–140. https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i2.5323

Kurdy, D. M., Al-Malkawi, H.-A. N., & Rizwan, S. (2023). The impact of remote working on employee productivity during COVID-19 in the UAE: the moderating role of job level. Journal of Business and Socio-Economic Development, 3(4), 339–352. https://doi.org/10.1108/JBSED-09-2022-0104

Larasati, M. F., Daniar, A., & Marta, R. F. (2022). SEMIOTIC ANALYSIS OF THE LOVE MYSELF MESSAGE IN THE BTS SONG LYRICS “EPIPHANY.” Journal Communication Spectrum, 12(1), 68–76. https://doi.org/10.36782/jcs.v12i1.2183

Mangngi, D. mone, Mandaru, S., & Pietriani. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PARADOX COFFEE AND ROASTERY DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(2), 64–82. https://doi.org/10.59408/jnk.v2i2.34

Marta, R. F., Kurniasari, N., Salim, M., Widianingsih, T. T., & Gatcho, A. R. G. (2023). Anxiety by COVID-19 Death Reports Explanatory Study among Jakarta’s Muslim Young Adults. Mediator: Jurnal Komunikasi, 16(1), 156–169. https://doi.org/10.29313/mediator.v16i1.2215

Ni’mah, N. E. K., & Pujianto, W. E. (2023). Efektifitas Work From Anywhere Pada Era Digital. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 18–33. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i3.1305

Nindhita, V., & Arifin, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Fenomena Ngopi Dalam Budaya Work From Cafe: Studi Perilaku Konsumen. Social, Culture, and Language, 2(2), 25–32. https://journal.trunojoyo.ac.id/jscl/article/view/25591/9608

Paramban, C. A., & Hutapea, J. Y. (2022). PENGARUH WORK FROM HOME (WFH) TERHADAP KINERJA KARYAWAN. INTELEKTIVA, 3(9), 30–40. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/739/562

Purbajati, H. I., Hasan, Z., & Penelitian, A. (2024). Pemikiran Eksistensialisme Jean-Paul Sartre Dalam Perspektif Kehidupan Masyarakat Kontemporer Jean-Paul Sartre’s Existentialist Thoughts in the Perspective of Contemporary Social Life. Jurnal Jurnal Kolaboratif Sains, 7(11), 4143–4150. https://doi.org/10.56338/jks.v7i11.6489

Septadinusastra, V. A. (2022). WORK FROM CAFÉ SEBAGAI BUDAYA BARU PASCA PANDEMI COVID-19 (Sebuah kajian Media dan Budaya Populer). PRoListik Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2). https://ojs.uninus.ac.id/index.php/ProListik/article/view/2751/1549

Shabilla, M. R. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KREATIVITAS PENGRAJIN BATIK JAMBI. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 8(2), 156–174. https://doi.org/10.30631/mauizoh.v8i2.79

Sri Wahyuni Trisna, N. M., Utami, N. K. Y., & Effendi, N. R. (2022). Pengaruh Ambient Interior Cafe Terhadap Pemilihan Tempat Bekerja Remote Worker di Era Pandemi COVID-19. Waca Cipta Ruang, 8(2), 68–76. https://doi.org/10.34010/wcr.v8i2.7351

Susilawati, R., & Suspahariati. (2020). Penerapan Sistem WFH (Work From Home) dan Dampaknya terhadap Kinerja Staf dan Dosen Unipdu Jombang selama Pandemi Covid-19. DIRASAT: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN ISLAM, 6(2), 2503–3506. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2347/1204

Yang, H. (2024). The utility of remote work solutions in the post-pandemic era: Exploring the mediating effects of productivity and work flexibility. Technology in Society, 78, 102613. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2024.102613

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles