Analisis Keefektifan Kerjasama dengan Influencer dalam Komunikasi Pemasaran Berdasarkan Perspektif Electronic Word of Mouth (EWOM)

Authors

  • Andeka Widodo Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rizki Lala Amelia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Rani Indah Lestari Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nurul Hidayati Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Indah Nur Apriana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fahmi Alamsyah Idris Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Vitria Yogia Isnaini Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/mauizoh.v9i2.105

Keywords:

influencer marketing, electronic word of mouth, eWOM

Abstract

Influencer marketing telah menjadi salah satu metode pemasaran digital yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai bagian dari transformasi pemasaran tradisional ke digital, konsep ini memanfaatkan pengaruh individu yang memiliki audiens setia di berbagai platform media sosial. Dalam hal ini, Electronic Word of Mouth (EWOM) berperan sebagai katalis utama, karena pengaruh komunikasi personal yang dilakukan secara digital lebih dipercaya dibandingkan iklan konvensional. Saat ini, electronic word of mouth (EWOM) menjadi elemen penting dalam pemasaran karena komunikasi dalam bentuk EWOM dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Di era digital seperti sekarang, EWOM tidak lagi memerlukan interaksi tatap muka secara langsung. Definisi EWOM pun kini lebih luas, mencakup tidak hanya percakapan langsung tetapi juga interaksi yang terjadi di dunia maya.  Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kerjasama dengan influencer yang memiliki audiens yang relevan dan terpercaya dapat meningkatkan visibilitas merek dan interaksi dengan konsumen secara signifikan. Namun, keberhasilan strategi ini sangat bergantung pada pemilihan influencer yang tepat dan kesesuaian pesan yang disampaikan dengan nilai-nilai merek. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi influncer pemasaran tentang cara  penggunaan pemasaran melalui media sosial  untuk mencapai tujuan komunikasi pemasaran mereka.

References

Adrianto, R., dan Kurnia. "Kredibilitas Influencer dalam Membentuk Kepercayaan Konsumen terhadap Brand." Jurnal Riset Manajemen Komunikasi 1, no. 1 (2021): 54–60.

Afifah, N. N., Arianto, dan R. Saeni. "Influencer Sebagai Media Promosi Pariwisata Sulawesi Selatan."

Anggraini, R. D., Ardiyansyah, A., Aminah, S., & Nurkhayati, A. (2024). Second Account Instagram sebagai Media Self Disclosure di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1104–1112.

Ardiyansyah, A., Fahrizal, F., & Nurkhayati, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Pemasaran Produk Melalui Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM. TAAWUN, 3(02), 182–190. https://doi.org/10.37850/TAAWUN.V3I02.499

Ardiyansyah, A., & Nurkhayati, A. (2023). Peranan Komunikasi Partisipatif Opinion Leader dalam Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 831–838.

Athaya, F. H., dan I. Irwansyah. "Memahami Influencer Marketing: Kajian Literatur dalam Variabel Penting Bagi Influencer." Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis 3, no. 2 (2021): 334–349.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Cet. II. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Elwani, R. S., dan F. Kurniawan. "Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Bagi Remaja." Jurnal Komunikasi 12, no. 1 (2020): 64.

Intan Rahayu, D., Ardiyansyah, A., Al-hafizh, M., & Novealdi, H. (2023). Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jambi. Jurnal Perspektif, 6(3), 289–299. https://doi.org/10.24036/PERSPEKTIF.V6I3.784

Maab, H., Sururudin, & Ardiyansyah. (2023). UPAYA MASYARAKAT DESA MENANGKAL TERPAAN INFORMASI HOAX DI MEDIA FACEBOOK. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 8(2), 91–106. https://doi.org/10.30631/MAUIZOH.V8I2.75

Maulana, A. N., Ardiyansyah, A., & Zam, N. (2024). Eksplorasi Pemasaran Digital melalui Facebook oleh UMKM Perdesaan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 16440–16450.

Masitoh, S., dan M. W. M. Adjid. "Pengaruh Influencer Marketing terhadap Kinerja Pemasaran." Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 1, no. 4 (2022).

Reverawaty, W. I., Yusuf, M., & Ardiyansyah, A. (2019). Pendampingan Pelestarian Budaya sebagai Objek Wisata melalui Festival Kampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5(3), 331–341. https://doi.org/10.22146/jpkm.46884

Solida, A., & Ardiyansyah. (2024). Information Quality and Decisions of Online Drivers to Participate in BPJS Health Insurance. International Journal of Medicine and Health, 3(1), 88–94. https://doi.org/10.55606/IJMH.V3I1.3130

Solida, A., Fahrizal, F., & Ardiyansyah, A. (2022). Analisis Persepsi Konsumen tentang Brand Association Produk Minuman Bervitamin You-C 1000. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 735–741. https://doi.org/10.33087/EKONOMIS.V6I2.685

Thomas, V. L., dan K. Fowler. "Close Encounters of the AI Kind: Use of AI Influencers As Brand Endorsers." Journal of Advertising 50, no. 1 (2021): 11–25.

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles