Peran Komunitas Dakwah Online “Tinta Pena” Dalam Penyebaran Dakwah Mengenai Batasan Berpenampilan Terhadap Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang
DOI:
https://doi.org/10.30631/mauizoh.v9i2.101Keywords:
Komunitas dakwah, Batasan berpenampilanAbstract
Setiap manusia tentunya mempunyai keinginan untuk berpenampilan rapi dan sempurna. Akan tetapi, di zaman saat ini banyak sekali umat muslim yang melupakan bagaimana etika berpakaian yang Allah perintahkan dalam Al-Qur`an dan Hadits. Dewasa ini sering kita temui banyak sekali umat muslim yang berpakaian tidak sesuai dengan syariat salah satu contohnya yaitu berpakaian tertutup tapi seperti terlanjang (Berpakaian panjang tapi ketat). Salah satu cara untuk memperbaiki diri dalam berpenampilan yaitu mempunyai teman dekat dan mengikuti komunitas yang lingkungannya terbiasa berpenampilan sesuai dengan syariat. Maka fokus dalam penulisan jurnal ini adalah peran komunitas “TINTA PENA” dalam penyebaran dakwah mengenai batasan berpenampilan terhadap mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Dengan cara pengumpulan data menggunakan cara wawancara dan dokumentasi. Serta hasil dari penelitian ini yaitu komunitas Tinta Pena dianggap efektif dalam penyebaran dakwah mengenai batasan berpenampilan, hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dari para peserta yang hadir pada saat kegiatan dakwah online yang dilakukan bersama komunitas Tinta Pena
References
Akhmadiyah, Solikatul, Febri Nur Intan Sari, and Syafinatul Ilma. “Eksistensi Hijrah Dalam Al-Qur’an Dan Tafsir (Studi Pemikiran M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah).” Hermeneutik : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 15, no. 2 (2021): 359. https://doi.org/10.21043/hermeneutik.v15i2.9941.
Alawiyah, Syarifah, Budi Hardianto, and Imas Rahman Kania. “Adab Berpakaian Wanita Muslimah Sesuai Tuntunan Syariat Islam.” Jurnal Ilmu Kalam 4 (2020).
Ali Aziz, Moh. Public Speaking Gaya Dan Teknik Pidato Dakwah. 2nd ed. Jakarta: KENCANA, 2019.
Alifuddin, Muhammad. “Etika Berbusana Dalam Perspektif Islam Etika Berbusana Dalam Perspektif Agama Dan Budaya.” Jurnal Shautut Tarbiyah 1, no. 1 (2014): 80–89. http://www.a741k.web44.net/Budaya berpakaian.htm:2014.
Ansharullah. “PAKAIAN MUSLIMAH DALAM PERSPEKTIF HADIS DAN HUKUM ISLAM.” DIKTUM 17 (2019): 6.
Anggraini, R. D., Ardiyansyah, A., Aminah, S., & Nurkhayati, A. (2024). Second Account Instagram sebagai Media Self Disclosure di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1104–1112.
Ardiyansyah, A., Fahrizal, F., & Nurkhayati, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Pemasaran Produk Melalui Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM. TAAWUN, 3(02), 182–190. https://doi.org/10.37850/TAAWUN.V3I02.499
Ardiyansyah, A., & Nurkhayati, A. (2023). Peranan Komunikasi Partisipatif Opinion Leader dalam Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 831–838.
Fauzi, Ahmad. “Pakaian Wanita Muslimah Dalam Perspektif Hukum Islam.” Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah 1, no. 1 (2016): 41–58. https://doi.org/10.35897/iqtishodia.v1i1.56.
Intan Rahayu, D., Ardiyansyah, A., Al-hafizh, M., & Novealdi, H. (2023). Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jambi. Jurnal Perspektif, 6(3), 289–299. https://doi.org/10.24036/PERSPEKTIF.V6I3.784
Karunia, Khaerunnisa, and Muh Suhufi. “Batas Aurat Muslimah Limits Of Muslimah Aurat” 2, no. 2 (2024): 681–85.
Maab, H., Sururudin, & Ardiyansyah. (2023). UPAYA MASYARAKAT DESA MENANGKAL TERPAAN INFORMASI HOAX DI MEDIA FACEBOOK. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 8(2), 91–106. https://doi.org/10.30631/MAUIZOH.V8I2.75
Maulana, A. N., Ardiyansyah, A., & Zam, N. (2024). Eksplorasi Pemasaran Digital melalui Facebook oleh UMKM Perdesaan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 16440–16450.
Murtopo, Bahrun Ali. “Etika Berpakaian Dalam Islam: Tinjauan Busana Wanita Sesuai Ketentuan Islam.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 1, no. 2 (2017): 243–51. https://doi.org/10.52266/tadjid.v1i2.48.
Putra, D. I. A., Ardiyansyah, A., & Klaina, M. (2023). Promoting the spirit of nationalism through Quran-Hadis lectures: A case of Gus Miftah’s da’wah model. Islamic Communication Journal, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.21580/ICJ.2023.8.1.15250
Rahmawati, Titik, and Agus Khunaifi. “Etika Berpakaian Dalam Islam (Studi Tematik Akhlak Berpakaian Pada Kitab Shahih Bukhari).” Jurnal Inspirasi 3, no. 1 (2019): 55–80. http://www.ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/81.
Reverawaty, W. I., Yusuf, M., & Ardiyansyah, A. (2019). Pendampingan Pelestarian Budaya sebagai Objek Wisata melalui Festival Kampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5(3), 331–341. https://doi.org/10.22146/jpkm.46884
Solida, A., & Ardiyansyah. (2024). Information Quality and Decisions of Online Drivers to Participate in BPJS Health Insurance. International Journal of Medicine and Health, 3(1), 88–94. https://doi.org/10.55606/IJMH.V3I1.3130
Solida, A., Fahrizal, F., & Ardiyansyah, A. (2022). Analisis Persepsi Konsumen tentang Brand Association Produk Minuman Bervitamin You-C 1000. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 735–741. https://doi.org/10.33087/EKONOMIS.V6I2.685
Sakinah, Nazjar, and Mega Nanda. “Trend Fashion Di Kalangan Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya.” Universitas Negeri Surabaya 2022 (2022): 32. https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/37.
Ummah, Athik Hidayatul. “Dakwah Digital Dan Generasi Milenial (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara).” Tasâmuh 18, no. 1 (2020): 54–78. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tasamuh/article/view/2151.


