Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Bahasa Kasar dalam Perspektif Islam di Lingkungan Sosial Kampus
DOI:
https://doi.org/10.30631/mauizoh.v9i2.100Keywords:
Bahasa kasar, Persepsi Mahasiswa, Nilai-nilai IslamAbstract
Penggunaan bahasa kasar di kalangan mahasiswa menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti, terutama dalam konteks interaksi sosial dan nilai-nilai agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi mahasiswa terhadap penggunaan bahasa kasar di lingkungan sosial kampus Kota Bandung, serta pengaruh nilai-nilai Islam terhadap sikap dan perilaku komunikasinya. Metode penelitian ini menggunakan mix method. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa sering mendengar dan menggunakan bahasa kasar, meskipun mereka merasa tidak nyaman dengan penggunaannya. Faktor utama yang mempengaruhi penggunaan bahasa kasar adalah pengaruh teman sebaya dan kurangnya kesadaran etika komunikasi. Meskipun demikian, nilai-nilai Islam dianggap sangat penting dalam membentuk cara berkomunikasi dan percaya bahwa ajaran Islam tidak mendukung penggunaan bahasa kasar. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa mayoritas mahasiswa merasa bersalah secara moral ketika menggunakan bahasa kasar yang mencerminkan pemahaman mereka tentang etika berbicara dalam Islam. Selain itu, hanya sebagian mahasiswa yang secara rutin menghadiri ceramah agama tentang etika komunikasi. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang hubungan antara nilai-nilai agama dan perilaku komunikasi di kalangan mahasiswa, serta perlunya pendekatan pendidikan yang lebih efektif dalam menanamkan kesadaran etika berbicara dalam konteks sosial dan akademik.
References
Agas, Y. Persepsi, motivasi dan pengetahuan perpajakan terhadap minat mahasiswa akuntansi sebagai konsultan pajak. Jurnal Literasi Akuntansi, 3(1) (2023) :1-9. https://doi.org/10.55587/jla.v3i1.87
Amodeo, A. L., Esposito, C., & Bacchini, D. Heterosexist microaggressions, student academic experience and perception of campus climate: findings from an italian higher education context. Plos One, 15(4) (2020). e0231580. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0231580
Anshari, M. and Widyantoro, A. Inculcating islamic values contented in qs. luqman through english speaking materials. Journal of Education and Learning (Edulearn),14(1)(2020):62-68. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.14285
Anggraini, R. D., Ardiyansyah, A., Aminah, S., & Nurkhayati, A. (2024). Second Account Instagram sebagai Media Self Disclosure di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1104–1112.
Ardiyansyah, A., Fahrizal, F., & Nurkhayati, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Pemasaran Produk Melalui Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM. TAAWUN, 3(02), 182–190. https://doi.org/10.37850/TAAWUN.V3I02.499
Ardiyansyah, A., & Nurkhayati, A. (2023). Peranan Komunikasi Partisipatif Opinion Leader dalam Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 831–838.
Bruneau, G., Gilthorpe, M., & Müller, V. Los imperativos éticos de la pandemia de covid-19: un análisis desde la ética de los datos. Veritas, (46) (2020):13-35. https://doi.org/10.4067/s0718-92732020000200013
Collard, D., Chinapaw, M., Verhagen, E., Bakker, I., & Mechelen, W. Effectiveness of a school-based physical activity-related injury prevention program on risk behavior and neuromotor fitness a cluster randomized controlled trial. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 7(1) (2010). https://doi.org/10.1186/1479-5868-7-9
Corazza, M., Menini, S., Cabrio, E., Tonelli, S., & Villata, S. Hybrid emoji-based masked language models for zero-shot abusive language detection (2020). https://doi.org/10.18653/v1/2020.findings-emnlp.84
Dewi, R. Language crime by students in the communication process on campus. Journal of English Education and Teaching, 7(4) (2023):928-941. https://doi.org/10.33369/jeet.7.4.928-941
Fadila, R. Persepsi mahasiswa universitas siliwangi angkatan tahun 2019 pada penggunaan online food selama pandemi covid-19. Sitech Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi, 5(1) (2022): 41-46. https://doi.org/10.24176/sitech.v5i1.7960
Faizin, M. Akhlak dan etika. SAMAWA: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 1(2) (2021) :97-103. https://doi.org/10.53948/samawa.v1i2.21
Hakis. Adab Bicara Dalam Prespektif Komunikasi Islam. Jurnal Mercusuar, 1(1) (2020) : 43-68.
Heffernan, T. Abusive comments in student evaluations of courses and teaching: the attacks women and marginalised academics endure. Higher Education, 85(1) (2022) : 225-239. https://doi.org/10.1007/s10734-022-00831-x
Irjanti, R. and Setiawati, F. Pengaruh nilai-nilai karakter terhadap prestasi belajar di sdit salman al farisi. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1) (2018). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21490
Irwansyah, D., Andianto, A., & Madkur, A. The use of islamic literature to teach ethical english. Journal of Language Teaching and Research, 12(5) (2021) :762-770. https://doi.org/10.17507/jltr.1205.16
Ismail, I., & AlBahri, F. P. Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 3(2) (2019) : 337-347.
Intan Rahayu, D., Ardiyansyah, A., Al-hafizh, M., & Novealdi, H. (2023). Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jambi. Jurnal Perspektif, 6(3), 289–299. https://doi.org/10.24036/PERSPEKTIF.V6I3.784
Jafari, F., Janatolmakan, M., Khubdast, S., Azizi, S., & Khatony, A. The relationship of internet abusive use with academic burnout and academic performance in nursing students. Biomed Research International, 2022:1-6. https://doi.org/10.1155/2022/2765763
Jiang, H., Liang, H., Zhou, H., & Zhang, B. Relationships among normative beliefs about aggression, moral disengagement, self-control and bullying in adolescents: a moderated mediation model. Psychology Research and Behavior Management, Volume 15 (2022):183-192. https://doi.org/10.2147/prbm.s346658
Lubis, F. and Mahendika, D.Hubungan parenting style, peer pressure, self-esteem, dan kesehatan mental pada remaja indonesia di jawa barat. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(02) (2023):90-104. https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i02.262
Luthfiyani, R.Bahasa Kasar dalam Interaksi Sosial Mahasiswa: Analisis Dampak terhadap Komunikasi Interpersonal. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 10(1) (2022) : 45-60.
Mansyur, U.Pemanfaatan nilai kejujuran dalam cerpen sebagai bahan ajar berbasis pendidikan karakter (2018). https://doi.org/10.31227/osf.io/s8xag
Maab, H., Sururudin, & Ardiyansyah. (2023). UPAYA MASYARAKAT DESA MENANGKAL TERPAAN INFORMASI HOAX DI MEDIA FACEBOOK. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 8(2), 91–106. https://doi.org/10.30631/MAUIZOH.V8I2.75
Maulana, A. N., Ardiyansyah, A., & Zam, N. (2024). Eksplorasi Pemasaran Digital melalui Facebook oleh UMKM Perdesaan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 16440–16450.
Miles, M. B. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks (1994).
Muchlis, 4M., Christian, A., & Sari, M. P. Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih. Eksplora Informatika, 8(2) (2019) :149–157.
Mulyati, Y. The integration of islamic and cultural values in english teaching. Ideas Journal on English Language Teaching and Learning Linguistics and Literature, 11(1) (2023) : 703-711. https://doi.org/10.24256/ideas.v11i1.3942
Musa, M., Sukor, M., Ismail, M., & Elias, M.. Islamic business ethics and practices of islamic banks. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 11(5) (2020) :1009-1031. https://doi.org/10.1108/jiabr-07-2016-0080
Panggulu, F. I., Kusumapradja, R., & Widjaja, L.. Analisis pengaruh rekam medis elektronik berdasarkan teori tam. Jurnal Health Sains, 3(2) (2022) :221-232. https://doi.org/10.46799/jhs.v3i2.429
Penner, K., Moissac, D. d., Rocque, R., Giasson, F., Prada, K., & Brochu, P. Sense of belonging and social climate in an official language minority post-secondary setting. Canadian Journal of Higher Education, 51(4) (2013):26-39. https://doi.org/10.47678/cjhe.v51i4.189087
Permata, A. Pengaruh Konteks Sosial terhadap Penggunaan Bahasa Kasar di Kalangan Mahasiswa: Studi Kasus di Universitas XYZ. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2) (2023) :123-135.
Purba, E., Yusuf, A., & Astuti, I. Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(12) (2013).
Ratnaningtyas, E. M., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Aminy, M. H., Saputra, N., & Jahja, A. S. Metodologi Penelitian Kualitatif. No. Januari. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini (2023).
Sari, D. The influence of service quality on customer satisfaction in smes – in samosir. IJMEA, 1(2) (2023) :191-207. https://doi.org/10.61306/ijmea.v1i2.25
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. Penanaman etika komunikasi digital di pesantren melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1) . (2020 ) :128. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.24538


