Digitalisasi Dakwah Berbasis Kesetaraan Gender: Gaya Komunikasi Islami Ria Ricis Sebagai Dai Wanita Melalui Tiktok

Authors

  • Neny Nurcahyati Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah
  • Bobby Bobby Rachman Santoso UIN Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30631/mauizoh.v9i2.93

Keywords:

Digitalisasi Dakwah, Dai Wanita, Tiktok Ria Ricis

Abstract

Ria Ricis sebagai kreator muda islami di  tiktok dengan cara dia berbaur dengan berbagai macam orang dari lawan jenis, hingga non muslim untuk mengajaknya dalam suatu kebaikan. Ria Ricis dikenal sebagai wanita yang pemberani, cerdik, ceria dan berwibawa serta mengerti akan toleransi, saling menghargai orang lain, bisa bergaul dengan berbagai macam orang dengan karakteristik yang berbeda-beda. Walaupun sering berintraksi dengan lawan jenis dan juga non muslim sebagai sahabatnya dan team Ricis tetapi Ria Ricis tetap menjaga nama baiknya dan agamanya dengan tatap berpakaian muslimah dan tetap istiqomah dalam mengenakan hijabnya bahkan dengan berenang ricis tetap memakai jilbab dan memberi contoh yang baik serta Ricis sering berbagi rezeki kepada banyak orang. Dari penelitian terdahulu yang ditemukan belum ada yang membahas secara spesifik mengenai Digitalisasi Dakwah Berbasis Kesetaraan Gender: Gaya Komunikasi Islami Ria Ricis Sebagai Dai Wanita Melalui Tiktok Salah satu bagian dari tokoh entertainment yaitu Ria ricis yang akan digunakan subjek dalam penelitian ini. Sehingga nantinya, penelitian ini diharapkan menjadi kajian rujukan dalam membangun iklim akademisi yang komprehensif terutama mengenai kesetaraan gender.penelitian ini kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber primer dalam penelitian ini yaitu akun tiktok Ria Ricis, partisipan dan komentator pada akun tiktok Ria Ricis. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini yaitu channel youtobe Ria Ricis, channel youtobe yang membahas Ria Ricis, serta berbagai media sosial yang membahsa tentangnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi (library research).  Tiktok kebanyakan bukan untuk berdakwah kebanyakan untuk hiburan semata, bahkan berbaur dengan syahwat atau purno, namun dengan hadirnya Ria Ricis sebagai tiktokers muslimah yang berperilaku baik, sehingga Ria Ricis sebagai muslimah dengan perilaku dakwahnya, menarik untuk diteliti dalam penelitian.

References

Abdullah, M. Q., & Mubarak, D. F. (2019). Strategi Dakwah dalam Merawat Pluralitas

Anggraini, R. D., Ardiyansyah, A., Aminah, S., & Nurkhayati, A. (2024). Second Account Instagram sebagai Media Self Disclosure di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1104–1112.

Anwar, Marzani. 2010. Pola Dakwah Berwawasan Multikultular. Jakarta: Maloho Jaya Abadi

Ardiyansyah, Ardiyansyah. “REVIEW OF CONTEXT AND COMMUNICATION CONTENT IN SECONDARY TRADITIONAL COMMUNITIES SECONDARY VILLAGE.” SENGKUNI Journal (Social Science and Humanities Studies) 1, no. 1 (2020): 37–45.

Asriati, Wanita Karir Dalam Pandangan Islam ,Jurnal Al-Maiyyah Volume 07 No 02 Juli

Dennhardt, S. (2013). User-Generated Content and its Impact on Branding: How Users and Communities Create and Manage Brands in Social Media. Springer Fachmedien Wiesbaden. Desember 2014

Dewi Liana, 2019, Pandangan Islam Tentang Pilihan Kehidupan Wanita Karir Pada Era 4.0 di Kalangan Remaja. Anida: Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 19(2).

Herdian Maulana, M.Si. dan Gumgum Gumelar, M. S. (2013). Psikologi Komunikasi https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i2.54

Ilaihi, W. (2010). Komunikasi dakwah. Remaja Rosdakarya. Jakarta. Kementerian Agama, 2010

Intan Rahayu, Dwi, Ardiansyah Ardiyansyah, Muhammad Al-hafizh, and Herri Novealdi. “Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Jambi.” Jurnal Perspektif 6, no. 3 (September 15, 2023): 289–99. https://doi.org/10.24036/PERSPEKTIF.V6I3.784.

Maab, Husnul, Sururudin, and Ardiyansyah. “UPAYA MASYARAKAT DESA MENANGKAL TERPAAN INFORMASI HOAX DI MEDIA FACEBOOK.” MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi 8, no. 2 (December 30, 2023): 91–106. https://doi.org/10.30631/mauizoh.v8i2.75.

M Pakhri, A. (2017). Penggunaan Fitur Vidgram Sebagai Trend Media Dakwah (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @yufid.tv di Instagram). Skripsi UIN Alauddin Makasar.

Maratun Tsalits, 2020, Platform Tik Tok Sebagai Media Dakwah Di Kalangan Remaja Milenial (Studi Analisis Konten Dakwah Akun @Bayasman00 Milik Husain Basyaiban) UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mardiana, R. (2020). Daya Tarik Dakwah Digital Sebagai Media Dakwah Untuk

Marpuah, Pola Dakwah Berwawasan Multikultural (Studi di kota Medan, Sumatera Utara).

Nurhidayah, Yayah, 2019. DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Tentang Pemanfaatan Media Instagram @cherbonfeminist Sebagai Media Dakwah Mengenai Kesetaraan Gender). IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Putra, D. I. Ansusa, Ardiyansyah Ardiyansyah, and Mekki Klaina. “Promoting the Spirit of Nationalism through Quran-Hadis Lectures: A Case of Gus Miftah’s Da’wah Model.” Islamic Communication Journal 8, no. 1 (June 28, 2023): 1–20. https://doi.org/10.21580/icj.2023.8.1.15250.

Rahayu, Dwi Intan, Ardiansyah Ardiansyah, Muhammad Al-hafiz, and Herri Novealdi. “Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Jambi.” Jurnal Perspektif 6, no. 3 (2023): 289–99.

Reverawaty, Wenny Ira, Muhammad Yusuf, and Ardiyansyah Ardiyansyah. “Pendampingan Pelestarian Budaya Sebagai Objek Wisata Melalui Festival Kampung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement) 5, no. 3 (2019): 331–41.

Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif Dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90.

Tardi, Siti Aminah. 2022. Dari Dunia Nyata ke Dunia Siber (Isu-isu Kontemporer Kekerasan Terhadap Perempuan). Jakarta: Mata Kata Inspirasi.

Santoso, Bobby Rachman. 2023. “Adabiah Da’wah Strategy Of Indonesian Muslim Youth”. TASÂMUH 21 (1):1-22.

Santoso, B. R., Nawafi, A. Y. F., & Kifayah, N. (2023). Restrukturisasi Media Dakwah: Dari Media Cetak Ke Media Sosial. Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 89–98.

Solida, A., & Ardiyansyah. (2024). Information Quality and Decisions of Online Drivers to Participate in BPJS Health Insurance. International Journal of Medicine and Health, 3(1), 88–94. https://doi.org/10.55606/IJMH.V3I1.3130

Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial. Tasâmuh, 18, 54–78

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles