STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KREATIVITAS PENGRAJIN BATIK JAMBI

Authors

  • Mutia Risky Shabilla UIN Sulthan Thaha Saifuddin

DOI:

https://doi.org/10.30631/mauizoh.v8i2.79

Keywords:

Komunikasi, Produktivitas, Kreativitas, Pengrajin

Abstract

Strategi komunikasi agar meningkatkan sebuah produktivitas dan kreativitas pengrajin batik Jambi yang tepatnya pada sanggar batik bahri, sehingga batik-batik ini tidak punah. Inilah hal yang menarik untuk penulis kaji ada beberapa hal diantaranya, strategi komunikasi yang digunakan dalam meningkatkan produktivitas dan kreativitas, apa saja problematika dalam meningkatkan produktivitas dan kreativitas, dan faktor pendukung seperti apa untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan cara deskriptif yaitu mengambarkan kejadian dilapangan. Hasil penelitian penulis menemukan strategi komunikasi yang digunakan Zainul Bahri yaitu dengan cara melakukan sebuah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Adapun problematika yang ditemukan di sanggar Batik Bahri yaitu Problematika miskomunikasi, Problematik bahasa, Problematika psiko komunikasi, problematika gaya kepemimpinan. Sedangkan faktor pendukung dalam meningkatkan produktivitas dan kreativitas dengan baik adalah adanya kinerja pengurus yang baik, pra aktif pendiri sanggar, adanya interaksi yang baik antara pemimpin dan karyawan, sarana dan prasarana yang memadai.

References

Ardiyansyah, Ardiyansyah, and Ayu Nurkhayati. “Peranan Komunikasi Partisipatif Opinion Leader Dalam Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 23, no. 1 (2023): 831–38.

Arni Muhammad. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Basu Swasta, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Liberty, 2002.

Cangara Hafied, Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2013.

Changara Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rafja Grafindo, 2009.

David R. Fred, Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Bumi aksara, 2004

David, Strategi Didalam Perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Deddy Mulyana. Ilmu Komuikasi: suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001

Echols M. Jhon dan Shadily Hassan. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2000

Effendy Onong Uchjana Onong, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2007

Huberman, Michael, and Matthew B Miles. The Qualitative Researcher’s Companion. sage, 2002.

Rahayu, Dwi Intan, Ardiansyah Ardiansyah, Muhammad Al-hafiz, and Herri Novealdi. “Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Jambi.” Jurnal Perspektif 6, no. 3 (2023): 289–99.

Reverawaty, Wenny Ira, Muhammad Yusuf, and Ardiyansyah Ardiyansyah. “Pendampingan Pelestarian Budaya Sebagai Objek Wisata Melalui Festival Kampung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement) 5, no. 3 (2019): 331–41.

Solida, Adila, Ardiyansyah Ardiyansyah, and Fahrizal Fahrizal. “Efektivitas Penerapan Kebijakan Walikota Jambi Tentang Pedoman Penanganan Covid-19 Dalam Relaksasi Ekonomi Dan Sosial Kemasyarakatan.” JIK JURNAL ILMU KESEHATAN 5, no. 2 (2021): 346–53.

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles