Penggunaan Personal Selling dalam Aktivitas Komunikasi Pemasaran Saimen Bakery & Resto Cabang Jambi
DOI:
https://doi.org/10.30631/mauizoh.v8i2.76Keywords:
Personal_Selling, Komunikasi, Pemasaran, SaimenAbstract
Sebagai pemain lama dunia kuliner, Saimen Bakery & Resto cabang Jambi tidak hanya mengandalkan strategi promosi yang mumpuni, melainkan bagaimana pendekatan personal dapat mengikat pelanggan lama maupun baru untuk menjadi pelanggan yang setia kendati banyak kompetitor Saimen Bakery & Resto Cabang Jambi terus bermunculan. Salah satu penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan di Saimen Bakery & Resto Cabang Jambi adalah personal selling. Penelitian ini meneliti tentang bagaimana personal selling yang merupakan bagian dari komunikasi pemasaran ini diterapkan di Saimen Bakery & Resto Cabang Jambi. Signifikansi dari penelitian ini adalah adanya data dan hasil analisis dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu menemukan kelebihan dan efektifnya penerapan personal selling sebagai bagian dari komunikasi pemasaran bagi sebuah usaha kuliner, terutama yang dijalankan di wilayah kota Jambi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Paparan data disajikan dalam bentuk kata-kata, serta data yang dipaparkan adalah hasil dari wawancara dan observasi yang berasal dari Saimen Bakery & Resto cabang Jambi, manager marketing dan public relation Saimen Bakery & Resto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa tahapan personal selling yang dilaksanakan Saimen Bakery & Resto cabang Jambi menggunakan langkah-langkah yaitu: mencari langganan baru, pendekatan pendahuluan, pendekatan, penyajian dan peragaan, mengatasi keberatan, menutup penjualan. Penerapan personal selling sebagai salah satu media komunikasi yang efektif dalam strategi pemasaran perusahaan yang dilakukan dengan tepat oleh sales marketing untuk mencapai suatu target yang dipenuhi. Akan tetepi perusahaan juga harus memperbaiki atau menindak lanjuti penerapan personal selling yang dilakukan. Personal selling ke depannya tidak hanya difungsikan untuk memasarkan produk tapi juga bisa menjadi perhatian untuk menghadapi komplain pelanggan. Komunikasi yang baik dan efektif sangat diperlukan oleh personal selling agar lebih memudahkan dalam berkomunikasi antara sales person dan calon pelanggan.
References
A.M, Morissan, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta : Penerbit Kencana, 2010
A.M, Morissan. Metode Penelitian Survey. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012
Akdon. Strategic Management For Educational Management (ManajemenStrategik untuk Manajemen Pendidikan), Bandung: Alfabeta. 2011
Ali, Hasan, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Yogyakarta : Center For Academic Publishing Service, 2013
Amstrong, G. and Kotler Philip, Prinsip-prinsip Pemasaran, Cetakan Pertama, Jakarta: Erlangga, 1997
Ardiyansyah, Ardiyansyah, Fahrizal Fahrizal, and Ayu Nurkhayati. “Peningkatan Kompetensi Pemasaran Produk Melalui Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM.” TAAWUN 3, no. 02 (August 22, 2023): 182–90. https://doi.org/10.37850/taawun.v3i02.499.
Ardiyansyah, Ardiyansyah, Fahrizal Fahrizal, and Adila Solida. “Komunikasi Pemasaran Terpadu UMKM Area Wisata Tugu Keris Siginjai Di Era New Normal.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 6, no. 1 (March 29, 2022): 328–32. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.482.
Basu Swastha Dharmamesta dan T. Hani Handoko. Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.2004
Basu, Swastha, & Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. Liberty 2001
Belch, George E, Belch, Michael A. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective. 8th Editio n. New York : McGraw- Hill, 2009
Brent, D. Ruben dan Lea P. Stewart. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.2013
Cangara, H. Hafies, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DeVito, J. A. Human communication: the basic course (10th ed). New York: Pearson. 2006
Effendy. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Gibson, Ronald F, Principles Of Composite Material Mechanics, New York : Mc Graw Hill,Inc, 1994
Heene, Aime.dkk.. Manajemen Strategik Keorganisasian Publik. Bandung. PT Refika Aditama. 2010
Hermawan, Agus, Komunikasi Pemasaran. Jakarta, Erlangga, 2012
J. Salus, Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta. Grasindo 2006
Jakarta : Erlangga. 2014
Jonathan, Sarwono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006
Kotler, dan Keller. Manajemen Pemasaran. edisi 12. Jakarta: Erlangga. 2012 Kotler, Philip & Armstrong, Gary. Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14, Jilid 1.
Kotler, Philip . Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks 2008 Shimp, Terence A. Advertising Promotion and Other Aspects Of Interated
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, Marketing Management 15th Global Ed, England: Pearson Education Limited, 2016
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo. 2001
Lingga, Purnama. Strategic Marketing Plan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Magdalena, Asmajasari. Study Periklanan Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran. Malang: UMM Press 1997.
Marketing Communication 8th Edition. Canada: Nelson Education,Ltd 2010.
Moleong, Lexy. J, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
Moleong, Lexy. J. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung. 2014
Mulyana, Dedi. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.2001
Mulyana, Dedy, Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung : Remaja Rosadakarya, 2000
Nurudin. Komunikasi Massa. Malang : CESPUR.2004


