Analisis Pesan Dakwah Husain Basyaiban pada Media Aplikasi Tiktok

Authors

  • Lisa Oktariani

DOI:

https://doi.org/10.30631/mauizoh.v7i2.65

Keywords:

Pesan,, Dakwah,, Media,, Tiktok

Abstract

Dakwah mengambil peran penting dalam berlangsungnya tatanan masyarakat yang rukun, damai dan tentunya sesuai dengan ajaran Islam. Pesan, pelaku dan sarana dakwah merupakan elemen utama dalam proses dakwah. Pesan dakwah merupakan seluruh materi yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadits yang menjadi petunjuk dan sumber ajaran pokok agama Islam. Salah satu da’i populer di kalangan remaja adalah Husain Basyaiban yang merupakan mahasiswa dan pendakwah muda yang melakukan inovasi terbaru dengan cara berdakwah melalui aplikasi tiktok dengan nama akun @Basyasman00, sebagai pendakwah muda sasaran yang ia tuju adalah kalangan remaja dengan menghadirkan tema- tema dakwah menarik yang menyangkut problem anak muda. Dari paparan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konten pesan dakwah aqidah, akhlak dan syari’ah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan isi video pada akun tiktok @Basyasman00. Penulis fokus pada unggahan vidio dakwah di bulan Januari sampai Mei 2022 dengan alasan mempermudah dalam pengambilan sampel karna terdapat patokan tanggal dalam pengambilan video secara jelas. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat pesan dakwah yakni pesan aqidah meliputi iman kepada Allah yang merupakan bentuk keyakinan dan keta’atan seorang hamba terhadap ketentuan yang ditetapkan oleh Allah SWT, iman kepada kitab-kitab Allah yang menjelaskan keyakinan terhadap adanya kitab-kitab Allah yang berisi hukum-hukum dan ajaran agama. pesan akhlak meliputi akhlak kepada Allah yang merupakan ikhlasnya seorang hamba terhadap ketentuan dan perintah Allah dengan lapang dada. Akhlak kepada manusia yang membahas bentuk tabiat, perilaku, tindakan dan ucapan terhadap makhluk lain  dan akhlak kepada alam sekitar yang merupakan bentuk sikap dan perilaku terhadap lingkungan hidup. Terakhir pesan syari’ah ibadah yang merupakan peraturan-peraturan dari Allah yang terdiri dari rukun Islam yaitu syahadat, sholat, puasa, zakat dan haji.

References

Ali, H Zainuddin. Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum Islam Di Indonesia. Sinar Grafika, 2022.

Amin, H Samsul Munir. Ilmu Akhlak. Amzah, 2022.

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Anggraini, Desi. “Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Penyampaian Pesan Dakwah (Studi Pada Akun Instagram@ Islamdakwahcom)” (2020).

Ardiyansyah, Ardiyansyah, and Maielayuskha Maielayuskha. “Political Communication Instruments Fasha Maulana In Influencing Millineail Voter: Evidence from Jambi Mayoral Election in 2019.” Jurnal Studi Sosial dan Politik 6, no. 2 (2022): 232–244.

Aziz, Ahmad Zaki Abdul. “Optimasi Instagram Sebagai Media Penyampaian Pesan Dakwah.” JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 1, no. 4 (2020): 216–226.

Bachtiar, M Anis. “Dakwah Kolaboratif: Model Alternatif Komunikasi Islam Kontemporer.” Jurnal Komunikasi Islam 3, no. 1 (2013): 152–168.

Buku, Refrensi. “Al-Quran Dan Terjemahannya” (2009).

Muzaqi, Achmad Hilmi. “Pesan Dakwah Abdul Somad Tentang Generasi Rabbani Masa Kini Di Media Sosial Youtube: Analisis Framing Gamson Dan Modigliani” (2019).

Said, Nurhidayat Muh. “Metode Dakwah (Studi Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 125).” Jurnal Dakwah Tabligh 16, no. 1 (2015): 78–89.

Sari, Astari Clara, Rini Hartina, Reski Awalia, Hana Irianti, and Nurul Ainun. “Komunikasi Dan Media Sosial.” Jurnal The Messenger 3, no. 2 (2018): 69.

Sodikin, R Abuy. “Konsep Agama Dan Islam.” Al Qalam 20, no. 97 (2003): 1–20.

Wuwungam, Kyrie Eleison, Meity Dina Himpong, and Leviane Jackelin Hera Lotulung. “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI MAHASISWA.” ACTA DIURNA KOMUNIKASI 4, no. 2 (2022).

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles