Strategi Komunikasi Humas Satuan Polisi Pamong Praja Jambi Menjaga Ketertiban Pedagang Kaki Lima

Authors

  • Sartika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Pirhat Abbas UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nurhasanah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mardalina UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhsin Ruslan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/mauizoh.v3i2.18

Keywords:

strategi komunikasi, humas, Satuan Polisi Pamong Praja

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran pedagang kaki lima untuk menjaga ketertiban, masih ada pedagang kaki lima Jalan Letjen Haryono Telanipura yang berjualan tidak sesuai dengan Peraturan mereka berjualan pada jam kerja antara pukul 06.00 s/d 16.00 WIB. Sebagai aparat Penegak Peraturan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja dalam penyampaian informasi di bantu Humas dalam menyampaikannya. Dari persoalan tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian untuk mengetahui Strategi KomunikasiHumas Satuan Polisi Pamong Praja dalam Menjaga Ketertiban Pedagang Kaki Lima Pendekatan Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif. untuk menjelaskan apa yang terjadi secara lengkap, dengan menggunakan data primer dan skunder sebagai jenis data dan sumber data yang diperoleh melalui Humas (Kepala Satuan, Kasubag Umum dan Kepegawaian, Seksi Ketertiban Umum) dan Pedagang Kaki Lima di Kec. Telanaipura. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Dari pengumpulan data tersebut dilakukan tiga analisis data yang berupa analisis data, yang berupa reduksi data dan dan vertifikasi data. Hasil penulis temukan bahwa Strategi Komunikasi Humas menjaga Ketertiban Pedagang Kaki Lima yaitu: komunikasi persuasif, komunikasi melalui surat dan  komunikasi sosialisasi.

Downloads

Published

2019-12-30

Issue

Section

Articles