Analisis Peran Media Pinter Politik Tv Dalam Mempengaruhi Cara Audiens Memahami Politik

Authors

  • Fadilah Rizkia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Eka Muchamad Taufani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Herri Novealdi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

Peran Media, Pinter Politik TV, Mempengaruhi Audiens, Politik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi dan sifat pesan dalam konten Pinter Politik TV, serta mengeksplorasi peran media ini dalam membentuk pemahaman politik audiens. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif berbasis analisis isi, dengan observasi terhadap konten serta studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi pesan dalam konten Pinter Politik TV mencakup berbagai aspek politik yang berkaitan dengan sosial, ekonomi, dan hubungan internasional. Sifat pesan dalam kontennya mengacu pada konsep komunikasi politik yang dikemukakan oleh Dan Nimmo, yaitu simbolik, bahasa, semiotika, pragmatika, dan pembicaraan konflik. Selain itu, Pinter Politik TV menggunakan teknik storytelling dan bahasa persuasif untuk menarik audiens agar lebih terlibat dalam diskusi politik. Pendekatan ini membantu audiens memahami isu secara lebih kontekstual serta membingkai peristiwa agar diterima dengan perspektif tertentu. Dengan demikian, Pinter Politik TV berperan sebagai aktor dalam pembentukan opini politik dan pemahaman masyarakat di era digital, membentuk persepsi politik.

References

Aldiva, C. K., Barca, H. El, & Ferdinand, J. (2024). Peran Media Massa dalam Membentuk Opini Publik dan Pengaruhnya Terhadap Politik Suatu Negara. Studi Krisis Hukum Dan Masyarakat, 1(1).

Andzani Diva. (2024). Analisis Peran Media Sosial Dalam Proses Mediatisasi Politik:Perspektif Komunikasi Politik Dan Partisipasi Publik. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, Vol. 11 No.1(1), 1003–1011.

Dewi, R. D. C., & Dkk. (2024). PEMAHAMAN KOMUNIKASI: Mengartikan Pesan Dengan Tepat (A. Trianisa (ed.); 1st ed.).

Fajar Hadi Saputra, & Cholifah. (2023). Pengaruh Narasi dalam Konten Vlog Channel Youtube “Menjadi Manusia” Terhadap Sikap dalam Menjaga Kesehatan Mental. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(1), 11–22. https://doi.org/10.36451/jisip.v19i1.66

Fatichatul Mukarromah, & Sukma Ari Ragil Putri. (2021). Analisis Deskriptif Channel Youtube Satu Persen Episode “Kunci Komunikasi Efektif Menjadi Asertif.” Mediakita, 5(2), 130–146. https://doi.org/10.30762/mediakita.v5i2.3502

Haryani, D. (2021). Persepsi Masyarakat Muslim Kelurahan Inderalaya OI Terhadap Materi Kampanye Dalam Pilkada 2020. Ampera: A Research Journal on Politics and Islamic Civilization, 2(3), 210–224. https://doi.org/10.19109/ampera.v2i3.9534

Pamuji, E. (2019). Media Cetak vs Media Online (Perspektif Manajemen dan Bisnis Media Massa). In Unitomo Press.

Penyelenggara Jasa Internet Indonesia)APJII (Asosiasi. (2024). Internet Indonesia. Survei Penetrasi Internet Indonesia. https://survei.apjii.or.id/survei/group/9

Rahayu, D. I., Ardiansyah, A., Al-hafiz, M., & Novealdi, H. (2023). Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jambi. Jurnal Perspektif, 6(3), 289–299. https://doi.org/10.24036/perspektif.v6i3.784

Rahma Juwita. (2019). Konsep Dan Peran Agen Perubahan. Univrsitas Negeri Padang Indonesia, Hal 1. https://doi.org/, Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/9tzyu

Solida, A., Fahrizal, F., & Ardiyansyah, A. (2022). Analisis Persepsi Konsumen tentang Brand Association Produk Minuman Bervitamin You-C 1000. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 735. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.685

Suprapto, H. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa. Pendidikan, 9, 1–9. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/913-Research Results-1622-1-10-20180402 (1).pdf

Syarbaini, S., Nur, S. M., & Anom, E. (2021). Teori , Media Dan Strategi komunikasi politik. Jakarta Esa Unggul, 127–135. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Books-22242-10_0073.pdf

Utami, A. H. (2021). Media baru dan Anak Muda : Perubahan Bentuk Media dalam Interaksi Keluarga New Media and Youth: Changing Forms of Media in Family Interactions. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 11(1), 8. https://doi.org/10.20473/jpua.v11i1.2021.8-18

Zempi, C. N., Kuswanti, A., & Maryam, S. (2023). Analisis Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Pengetahuan Politik Masyarakat. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 116–123. https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.5286

Downloads

Published

2025-07-28