HAKEKAT ADMINISTRASI DAN SUPERVISI SEBAGAI SALAH SATU UNSUR PENGEMBANG SUMBER DAYA PENDIDIKAN
Keywords:
Administration, Supervision, Developer, Resources, EducationAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hakekat administrasi dan supervisi dalam konteks pendidikan, serta pengembangan strategi dan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan efektivitas keduanya dalam pengembangan sumber daya pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Data primer berupa sumber-sumber yang memberikan data secara langsung dari tangan pertama atau merupakan sumber asli. Sedangkan data sekunder adalah berupa buku-buku lain yang berhubungan dengan permasalahan yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini. Langkah-langkah penelitian kepustakaan terdiri dari: menentukan dan merumuskan masalah atau topik yang akan diteliti, peneliti mengumpulkan berbagai sumber tertulis yang relevan dengan topik penelitian, dan setelah mengumpulkan literatur yang banyak, peneliti harus mengevaluasi relevansi dan kredibilitas setiap sumber. Hasil penelitian menunjukkan administrasi dan pengawasan berperan penting dalam mengontrol dan meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan. Praktik administrasi dan supervisi yang berkelanjutan adalah elemen kunci dalam memastikan efisiensi, efektivitas, dan keberlanjutan organisasi. Praktik ini mencakup berbagai strategi dan pendekatan yang dirancang untuk memantau, mengevaluasi, dan meningkatkan kinerja operasional serta kepemimpinan dalam suatu organisasi. Tantangan signifikan dalam menerapkan administrasi dan supervisi yang efektif adalah masalah kendala sumber daya, seperti anggaran, waktu, dan personel yang terbatas.

.png)










