MEMBANGUN ORGANISASI SEKOLAH YANG LEBIH ADAPTIF DI ERA DIGITALITASI PENDIDIKAN
Keywords:
agile organization, digitalisasi pendidikanAbstract
Artikel ini menyajikan paradigma baru organisasi sekolah agar tetap relevan dan adaptif di tengah gempuran digitalitasi pendidikan. Paradigma tersebut sebagai kunci utama dalam menavigasi organisasi melewati tantangan VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity And Ambiguity), dengan menekankan pentingnya penguatan kolaborasi dan kreativtas seluruh individu yang terlibat dalam organisasi sekolah. Pemimpin organisasi harus mampu berpikir secara holistiik dalam melihat berbagai peluang besar dan mampu mengeksekusi gambaran besar sekaligus melihat detail-detail spesifik, serta mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dalam rangka memanfaatkan momentum perubahan. Konsep integrasi kehidupan kerja, aktualisasi diri, tujuan, dan makna sama pentingnya terhadap kinerja sebagai keterampilan murni yang berhubungan dengan pekerjaan. Organisasi saat ini sangat membutuhkan sosok pemimpin yang mendalami akan hal tersebut secara komprehensif. Maka, mereka adalah para pemimpin yang mengeluarkan kemampuan terbaik setiap individu dengan menciptakan kondisi dan lingkungan dimana seluruh staf juga dapat tumbuh dari perspektif perkembangan pribadi mereka masing-masing. SMP BP Tahfidz At-Taubah hadir sebagai organisasi sekolah yang terus berupaya memaksimalkan peluang-pelung yang belum terlihat oleh para pesaingnya. Pemberdayaan individu dalam tim secara maksimal telah mengukuh SMP BP Tahfidz At-Taubah sebagai organisasi sekolah yang mengedepankan penciptaan inovasi dan kreativitas sebagai syarat agar tetap relevan dan adaptif di masa yang akan datang.

.png)










