IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA AL FALAH PASIR PUTIH KABUPATEN BUNGO
Keywords:
model pembelajaran, problem based learning, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta Al Falah Pasir Putih Kabupaten Bungo. Sedangkan kegunaan dari Penelitian ini adalah untuk melihat apakah guru akidah akhlak mampu mengimplementasi model pembelajaran problem based learning dengan baik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui metode Penelitian kualitatif, dengan kepala sekolah, wakil, guru akidah akhlak, guru BK dan siswa sebagai subjek Penelitian, data kemudian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan model Miles and Huberman. Penelitian ini menghasilkan tiga hal, yakni (1) Implementasi model pembelajaran problem based learning di Madrasah Aliyah Swasta Al Falah Pasir Putih Bungo harus ditingkatkan lagi, karena praktik model pembelajaran problem based learning belum terealisasi secara efektif dalam proses pembelajaran di kelas. (2) Motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta Al Falah Pasir Putih Bungo mengalami fase penurunan, dan (3) Kendala yang dihadapi adalah pengelolaan siswa, perbedaan karakter siswa dan pengendalian diri, sedangkan upaya yang dilakukan adalah mencatat sistematika jalannya pembelajaran dan menerapkannya, mengolaborasikan model pembelajaran problem based learning dengan metode pembelajaran dengan baik, mengapresiasi prestasi dan memberi hukuman, memberikan penugasan berupa kasus-kasus yang sedang viral, memberi kesempatan siswa untuk berinteraksi, dan selalu berpikir positif. Adapun kesimpulan dari Penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran problem based learning yang kurang efektif dapat berdampak kepada penurunan motivasi belajar siswa.

.png)










