EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL COUNTENANCE STAKE DI PRODI TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Authors

  • Darma Putra UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

Evaluasi, Countenance stake, Pembelajaran Daring

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Pembelajaran Daring di Program Studi Tadris Biologi Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi yang di kelompokkan dalam model evaluasi countenance stake yang terdiri atas antecedents (konteks dan input), transactions, dan  outcomes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pada prinsipnya pembelajaran daring sesuai dengan antecedents konteks dilihat dari keterkaitan program pembelajaran daring dengan latar belakang, Kesiapan peserta didik (mahasiswa), dan Kesiapan tenaga pendidik (dosen). meski proses sosialisasi pembelajaran daring kepada mahasiswa masih belum mencapai target. dari segi antecedents input ditemukan beberapa kekurangan pada aspek sarana dan prasarana untuk pembelajaran daring seperti HP, Laptop bagi minoritas  mahasiswa serta faktor kendala teknis seperti jaringan internet yang tidak stabil. hasil penilaian terhadap transactions sudah cukup baik. Terlaksananya interaksi dosen dengan Mahasiswa, penggunaan media pembelajaran daring dan Kesadaran Mahasiswa mengikuti proses pembelajaran daring. Namun, masih Perlu dikembangkan penggunaan metode mengajar yang lebih inovatif serta pengaturan waktu dosen dalam mengajar. Adapun hasil evaluasi outcomes di lihat dari nilai kartu hasil studi mahasiswa selama pembelajaran daring menunjukkan mayoritas mahasiswa memiliki nilai di atas rata-rata.

Downloads

Published

2023-06-28

Issue

Section

Articles