PENGARUH DESTINATION IMAGE TERHADAP MOTIVASI BERKUNJUNG DAN KEPUASAN KONSUMEN

  • Hario Tamtomo Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Iwan Eka Putra Universitas Muhammadiyah Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Destination Image Terhadap Motivasi Berkunjung Dan Kepuasan Konsumen yang dilakukan pada Taman Rimba Provinsi Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif dengan Pendekatan Kuantitatif Adapun hasil dari analisisnya menerangkan bahwa secara langsung, variabel destination image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variable kepuasan konsumen dengan kontribusi sebesar 91,9%. Pengunjungan juga akan puas dengan adanya destination image yang dibarengi dengan layanan yang baik dan terintegrasi dengan image wisatawan. Hasilnya juga menunjukkan bahwa secara langsung, variabel destination image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variable motivasi berkunjung wisatawan dengan kontribusi sebesar 0,591. Variabel destination image pada hasil uji analisis jalur, secara langsung berpengaruh signifikan terhadap dua variable secara simultan dengan kontribusi sebesar 0, 651 atau dalam persentase sebesar 65,1%. Sedangkan selebihnya 35,9% dapat dijelaskan oleh variable lainnya. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengunjung memiliki penilaian positif mengenai Taman Rimba sebagai destinasi pariwisata dapat menumbuhkan motivasi berkunjung sehingga merasa konsumen merasa puas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-10
How to Cite
TAMTOMO, Hario; PUTRA, Iwan Eka. PENGARUH DESTINATION IMAGE TERHADAP MOTIVASI BERKUNJUNG DAN KEPUASAN KONSUMEN. ILTIZAM Journal of Shariah Economic Research, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 39-55, june 2020. ISSN 2598-2540. Available at: <http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/iltizam/article/view/575>. Date accessed: 11 july 2020. doi: https://doi.org/10.30631/iltizam.v4i1.575.