ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI SAYUR DI KECAMATAN MARO SEBO (STUDI KASUS DI DESA JAMBI TULO KABUPATEN MUARO JAMBI)

  • Etik Winarni Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Iwan Eka Putra Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Yuliska Putri Amanda Universitas Muhammadiyah Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi produksi sayur di Kecamatan Maro Sebo. Data yang dianalisis  menggunakan  Analisis  Regresi Linear Berganda, Uji F, Uji T, Korelasi. Dari hasil analisis dan pembahasan penelitianLuas Lahan,pupuk, modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat produksi sayur di kecamatan Maro Sebo Desa Jambi Tulo Kabupaten muaro Jambi, Sedangkan Tenaga Kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat produksi sayur di Kecamatan Maro Sebo Desa Jambi Tulo Kabupaten Muaro Jambi.Adapun hasil Korelasi yang terjadi Adanya hubungan positif dan tingkat hubungan kuat antara Luas Lahan dan Produksi Sayur dikarenakan nilai korelasi sebesar 0,792., Adanya hubungan positif dan tingkat hubungan kuat antara Bibit/Benih dan Produksi Sayur dikarenakan nilai korelasi sebesar 0,760., Adanya hubungan positif dan tingkat hubungan kuat antara Pupuk dan Produksi Sayur dikarenakan nilai korelasi sebesar 0,757., Adanya hubungan positif dan tingkat hubungan kuat antara Modal dan Produksi Sayur dikarenakan nilai korelasi sebesar 0,798.Adanya hubungan positif dan tingkat hubungan cukup kuat antara Tenaga Kerja dan Produksi Sayur dikarenakan nilai korelasi sebesar 0,437.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-22
How to Cite
WINARNI, Etik; PUTRA, Iwan Eka; AMANDA, Yuliska Putri. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI SAYUR DI KECAMATAN MARO SEBO (STUDI KASUS DI DESA JAMBI TULO KABUPATEN MUARO JAMBI). ILTIZAM Journal of Shariah Economic Research, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 81-101, dec. 2019. ISSN 2598-2540. Available at: <http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/iltizam/article/view/537>. Date accessed: 23 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.30631/iltizam.v3i2.537.