PERBANDINGAN RETURN DAN RESIKO REKSADANA SYARI’AH DENGAN REKSADANA KONVENSIONAL SERTA PENGARUHNYA TERHADAP DANA KELOLAAN

  • Ahmad Syahrizal UIN STS Jambi
  • Syahril Ahmad Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kinerja reksa dana syariah dan reksa dana konvensional (dilihat dari return dan risiko, Sharpe Indeks dan Treynor Indeks serta dari Jensen Alpha) serta pengaruhnya terhadap dana kelolaan. Populasi penelitian ini adalah reksa dana syariah dan konvensional yang listing di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian adalah jenis reksa dana syariah dan reksadana konvensional selama periode 2011 sampai 2016. Pengujian hipotesis menggunakan uji beda independent sample t-test dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) ver. 17. Sedangkan data yang digunakan adalah Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/Unit), Jakarta Islamic Index (JII) dan Indeks IHSG serta data suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) triwulan periode 2011- 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja reksa dana syariah dan konvensional berbeda signifikan dan berpengaruh cukup signifikan terhadap dana kelolaan. Secara bisnis kinerja reksa dana syariah tidak kalah menguntungkan dengan reksa dana konvensional, dan secara religius lebih dapat dipertanggung jawabkan, karena sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-22
How to Cite
SYAHRIZAL, Ahmad; AHMAD, Syahril. PERBANDINGAN RETURN DAN RESIKO REKSADANA SYARI’AH DENGAN REKSADANA KONVENSIONAL SERTA PENGARUHNYA TERHADAP DANA KELOLAAN. ILTIZAM Journal of Shariah Economic Research, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 30-56, dec. 2019. ISSN 2598-2540. Available at: <http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/iltizam/article/view/502>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.30631/iltizam.v3i2.502.