Kepercayaan Konsumen Kafe ditinjau dari Halal Life Style Di Kota Jambi (Studi Kasus Pada Kesiko, Eat & Fun dan Clave Cafe)

  • Subhan Subhan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Abstract

This paper aims to describe the influences of halal lifestyle towards cafes’ customer trust in Jambi City. This paper used qualitative research methods based on primary and secondary data. Study cases are taken from Kesiko, Eat & Fun and Clave Cafe, they were chosen because of their popularity and business duration. The sampling method is snowball sampling with 50 respondents from customers and managers and staff at Kesiko Eat and Fun Cafe and Clave Cafe. The results of this study indicate that the halal lifestyle has been quite well implemented in Kesiko, Eat and Fun Cafe and Clave Cafe in Jambi City. it evidenced by the role of cafe management, sellers, and customers who carry out their activities based on the indicators of halal lifestyle, such as food and beverages before selling must be considered as halal food and drinks or has been labeled halal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Yatimin . 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-qur’an. Jakarta: Amzah.
Adinugraha, Hendri Hermawan, dkk. 2018. Desa Wisata Halal: Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia, Human Falah, Vol. 5, No.1.
Akselerasi tren halal, akses: https://indonesiana.tempo.co/read/ 96252/2016/10/27/robjanuar/akselerasi-tren-halal-lifestyle. di akses pada 26 November 2018.
Apriyanto, et.al, 2003. Panduan Belanja Dan Konsumsi Halal, Jakarta: KhairulBayan.
Arif Muhammad. 2018. Pengaruh Store Atmosfer, Lokasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Soban Cafe Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Aziz Fuad Abdul. Hadist bin Zaidan. 2017. Panduan Etika Muslim sehari-hari.
Danang Waskito. 2015. Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim di Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Effendi Usman. 2016. Psikologi Konsumen. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Fauzia Yunia Ika, Dr., 2013. Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Fernandez Ricardo R., 1996. Mutu Terpadu dalam manajemen Pembelian & Pemasok, Cet 1, Jakarta.
Hendri HermawanKotler, et. al, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Mardiyono. 2018. Pengaruh Gaya Hidup, Lingkungan Sosial, dan Budaya terhadapKeputusan Pembelian di Pasar Modern. IAIN Purwokwerto.
Moleong Lexy J, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja.
Mowen C, et.al, 2002. Perilaku Konsumen, Jakarta: Erlangga.
Muhammad, dan Alimin. 2004. Etika & Perlindungan Konsumen Dalam Ekonomi Islam, Yogyakarta : BPFE
Nasharuddin. 2015. Akhlak (Ciri Manusia Paripurna). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rosda Karya. Keputusan Pembelian di Pasar Modern. 31 halaman. (22 November 2018).
Rusli Amin. 2004. Waspadai makanan haram di sekitar kita (Panduan Meraih Hidup Sehat, Berkah dan Selamat). Jakarta: Almawardi Prima..
Samsul Munir Amin. 2016. Ilmu Akhlak. Jakarta : Amzah.
SamuelHatane, WijayaNadya. 2009.Service Quality, Perceive Value, Satisfaction, Trust dan Loyality pada PT. Kereta Api Indonesia Menurut Penilaian Pelanggan Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 4, No 1.
Sarwat Ahmad. 2014. Halal atau Haram (kejelasan Menuju Keberkahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Simamora Henry, 2000. Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.
Tafsir Fathul Qadir, Jilid 3.
Wawancara 1 dengan Pak Bambang (Manajer Kesiko Eat and Fun Cafe). Pada 25 Juli 2019 Pukul 17:30 WIB. di Jl. R. Wijaya No. 69, Handil Jaya, Kec. Jelutung, Kota Jambi
Wawancara 2 dengan Ibu Vivi (Staff Clave Cave). Pada 26 Juli 2019 Pukul 17:10 WIB. di Jl. MayangMangurai, Kec. Kota Baru, KotaJambi
Wawancara dengan Dewi dan Rika (Pelanggan Clave Cafe). Pada 27 Juli 2019 Pukul 21:18 WIBJl. MayangMangurai, Kec. Kota Baru, KotaJambi
Wawancara dengan Dwi dan Yofa Al-hadi (Pelanggan Cafe Kesiko Eat and Fun). Pada 27 Juli 2019 Pukul 20:31 WIB Jl. R. Wijaya No. 69, Handil Jaya, Kec. Jelutung, Kota Jambi
Wawancara Dengan Elly Hesra silaloho dan Adelia (Pelanggan Cafe Clave). Pada 8 Agustus 2019 Pukul 19:30 WIB Jl. MayangMangurai, Kec. Kota Baru, KotaJambi.
Wawancara Dengan Fitri dan Feni (Pelanggan Clave Cafe). Pada 11 September 2019 Pukul 21:39 WIBJl. MayangMangurai, Kec. Kota Baru, KotaJambi
Wawancara Dengan Imelda (Pelanggan Cafe Kesiko Eat and Fun). Pada 10 Agustus 2019 Pukul 20:30 WIBJl. R. Wijaya No. 69, Handil Jaya, Kec. Jelutung, Kota Jambi.
Wawancara Dengan Indah, dkk (Pelanggan Clave Cafe). Pada11 September 2019 Pukul 21:04 WIBJl. MayangMangurai, Kec. Kota Baru, KotaJambi.
Wawancara Dengan Mike (Pelanggan Cafe Clave). Pada 28 Juli 2019 Pukul 19:45WIBJl. MayangMangurai, Kec. Kota Baru, KotaJambi
Wawancara Dengan Santi, Uli dan Nauri (Pelanggan Cafe Kesiko Eat and Fun). Pada 27 Juli 2019 Pukul 20:02 WIB Jl. R. Wijaya No. 69, Handil Jaya, Kec. Jelutung, Kota Jambi
Wawancara Dengan Tri Utami dan Vivin Yolanda (Pelanggan Cafe Kesiko Eat and Fun). Pada 10 Agustus 2019 Pukul 20:15 WIBJl. R. Wijaya No. 69, Handil Jaya, Kec. Jelutung, Kota Jambi.
Published
2020-12-28
How to Cite
SUBHAN, Subhan. Kepercayaan Konsumen Kafe ditinjau dari Halal Life Style Di Kota Jambi (Studi Kasus Pada Kesiko, Eat & Fun dan Clave Cafe). Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 20-29, dec. 2020. ISSN 2540-9506. Available at: <http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/ijoieb/article/view/640>. Date accessed: 11 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.30631/ijoieb.v5i2.640.