Pengaruh GCG, CSR, dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan dengan Investment Opportunity Set Sebagai Variabel Moderasi
(Studi Empiris Pada Perusahaan Teknologi Dan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2021-2023)
DOI:
https://doi.org/10.30631/5jsthd24Keywords:
Firm Value, GCG, CSR, IC, and IOSAbstract
This study aims to determine and analyze whether good corporate governance, corporate social responsibility, and intellectual capital affect firm value with investment opportunity set as a moderating variable. This type of research is quantitative research, using secondary data. The data analysis method used is panel data regression test. The population in this study are technology and telecommunications companies listed on the IDX in 2021-2023. The data collection technique in this study was purposive sampling method with the results of 65 research populations into 11 companies with 3 years of observation, so that as many as 33 data were processed in this study. The results showed that good corporate governance has a significant positive effect on firm value. Corporate social responsibility has a significant negative effect on firm value. Intellectual capital doesn’t affect firm value. Investment opportunity set is not able to moderate the effect of good corporate governance, corporate social responsibility and intellectual capital on firm value.
References
Afsari, N., Artinah, B., & Mujennah, M. (2021). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Investment Opportunity Set Sebagai Variabel Moderating. Journal STIE, 10(2), 86–96.
Alaslan, A. (2021). Penelitian Kualitatif. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01). Depok: RAJAWALI PERS.
Alkhairani, Kamaliah, & Rokhmawati, A. (2020). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi KIAT, 31(1), 10–25. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat
Ananda, P., & Sinaga, M. (2024). Pengaruh Intellectual Capital, Kepemilikan Manajerial, Firm Size, Ukuran Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan. MENAWAN : Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2(5), 358–376. https://doi.org/10.61132/menawan.v2i5.860
Anggraini, D. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Volatilitas Arus Kas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Investment Opportunity Set Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 1(2), 104–119. https://doi.org/10.59832/jpmk.v1i2.49
Anggraini, R., & Yan Nyale, M. H. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(1), 130–137. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i1.2051
Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Lembaga Keuangan 2020. Jakarta. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/publication/2021/04/30/fc1bace6243e59a6b34fe621/statistik-lembaga-keuangan-2020.html
Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Lembaga Keuangan 2021. Jakarta. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/publication/2022/04/28/63e595834fadf8cd528bb6fe/statistik-lembaga-keuangan-2021.html
Badan Pusat Statistik. (2022a). Indeks Pembangunan Teknilogi Indormasi dan Komunikasi 2022. Jakarta. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/publication/2023/09/29/cfa3a7c9e8b2397799ec6bb3/indeks-pembangunan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-2022.html
Badan Pusat Statistik. (2022b). Statistik Lembaga Keuangan 2022. Jakarta. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/publication/2023/04/14/fa1ac5d6ed144a47b2ae09d9/statistik-lembaga-keuangan-2022.html
Badan Pusat Statistik. (2022c). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. Jakarta. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/publication/2023/08/31/131385d0253c6aae7c7a59fa/statistik-telekomunikasi-indonesia-2022.html
Badarudin, A., & Wuryani, E. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi UNESA, 1–26.
Berliana, G., & Hesti, T. (2021). Peran Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan (Kaitan antara Nilai Tambah, Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan). Jurnal Syntax Admiration, 2(5), 843–862. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i5.233
Chaniago, S., & Melani, M. M. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Karimah Tauhid, 1(5), 713–728.
Claessens, S., Djankov, S., Fan, J. P. H., & Lang, L. H. P. (2002). Disentangling the incentive and entrenchment effects of large shareholdings. Journal of Finance, 57(6), 2741–2771. https://doi.org/10.1111/1540-6261.00511
Devi, S., Budiasih, I. G. N., & Badera, I. D. N. (2017). Pengaruh Pengungkapan Enterprise Risk Management Dan Pengungkapan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 14(1), 20–45. https://doi.org/10.21002/jaki.2017.02
Dharmawan, B., & Riza, F. (2019). PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MEDIASI KEBIJAKAN DEVIDEN [Studi Empiris pada Emiten yang Tergabung dalam Index LQ45]. Business Management Journal, 15(1), 53–61. https://doi.org/10.30813/bmj.v15i1.1564
Dwitami, Y. S., Suryanto, T., Noviarita, H., & Anggraeni, E. (2021). The Influence of Financial Ratios, Sukuk Structure and Corporate Governance on Sukuk Ratings. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(1), 26–43. https://doi.org/10.24090/mabsya.v3i1.4751
Efendy, V., & Efendi, D. (2024). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Dimoderasi Good Corporate Governance. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 13(1), 1–20.
Elvie Maria Silalahi. (2021). Intellectual Capital Improve Your Employee Productivity And Performance. Deepublish.
Gantino, R., & Alam, L. R. (2021). Pengaruh Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dimoderasi oleh Kinerja. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 215–230. https://doi.org/10.15408/ess.v10i2.18858
Hariyanti, S. A., & Ubaidillah, M. (2022). Pengaruh Investment Opportunity Set Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2017-2020). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA), 4(September). Retrieved from https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3474
I Wayan, C. Y., Sri Werastuti, D. N., & Diatmika, I. P. G. (2024). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Investment Opportunity Set Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Perbankan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 15(02), 462–472. https://doi.org/10.23887/jimat.v15i02.65828
Indriastuti, M., & Kartika, I. (2021). Improving Firm Value through Intellectual Capital, Good Corporate Governance and Financial Performance. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 6(1), 85. https://doi.org/10.23887/jia.v6i1.30993
Irawan, A., Ovami, D. C., Prima, A. P., & Putri, A. P. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 341–348. https://doi.org/10.46576/bn.v6i1.3114
Kalsum, U., & Oktavia, Y. (2021). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan di BEI. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 39. https://doi.org/10.32502/jimn.v11i1.3137
Kholis, A. (2020). Corporate Social Responsibility Konsep dan Implementasi. In Economic & Business Publishing.
Kusmayadi, D., Rudiana, D., & Badruzaman, J. (2015). CORPORATE (Irman Firmansyah, ed.). Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.
Latupono, S. S. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan: Good Corporate Governance Variabel Moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(8), 1–15.
Margaretha Leon, F., V. Suryaputri, R., & Kunawangsih P, T. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (Manajemen, Keuangan dan Akuntansi). Salemba Empat. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif/aO_bEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=uji+t+dan+uji+f&pg=PA100&printsec=frontcover
Muasiri, A. H., & Sulistyowati, E. (2021). Pengaruh Intellectual Capital Dan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 4(1), 426–436. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i1.255
Nurhayati, S. (2017). Analisa Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Pasar Dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Lq45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2013. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 9(1), 133. https://doi.org/10.17509/jaset.v9i1.5260
Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 29/POJK.04/2016 Tentang Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik. 1–29. https://doi.org/https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/regulasi/peraturan-ojk/Documents/Pages/POJK-Laporan-Tahunan-Emiten-Perusahaan-Publik/POJK-Laporan-Tahunan.pdf
Priatna, D. K., & Limakrisna, N. (2021). Intellectual Capital Management Building Your Employee Passion and Happiness. Deepublish.
Puspitaningtyas. (2016). Penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Kuantitatif. In Google Books. Deepublish.
Puspitasari, E., & Ermayanti, D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Perusahaan Perbankan BUMN Go Public yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2011-2018). SNEB : Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.409
Santoso, S. I., Djaelani, Y., & Destryanti. (2017). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Pertumbuhan, Nilai Pasar, Produktivitas Dan Profitabilitas. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 3(2), 85–113.
Setiawati, R., Noviarita, H., Suhendar, & Siregar, I. F. (2023). The Use of Management Control System in Corporate Social Responsibility (CSR) Strategy Implementation and CSR Activities on Sustainability Reporting. Journal of Law and Sustainable Development, 11(11), e2029. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i11.2029
Sisdianto, E., Razimi, M. S. A., Masykur, R., Mei Sari, R. D., & Robiansyah, A. (2023). The Effect of Environmental Performance on Financial Performance with Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) as Intervening Variable. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 8(1), 191–205. https://doi.org/10.23887/jia.v8i1.52442
Sriwahyuni, U., & Wihandaru. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 7(1), 84–109. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3904
Suhendar, Zulfikar, R., Bastian, E., & Hanifah, I. A. (2023). Trend of the Research on Islamic Corporate Governance in Islamic Banking: A Bibliometric Analysis. Journal of Law and Sustainable Development, 11(9), e1468. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i9.1468
Sukoco, Y. D. (2020). Penerapan Good Corporate Governance di Perusahan Keuangan dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Menggunakan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Perantara (Studi Empiris pada Perusahaan Keuangan Periode 2017-2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 03(02), 232–246.
Sulastri, M. E., & Nurdiansyah, D. H. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terindeks Oleh Cgpi). Jurnal MANAJERIAL, 16(1), 34. https://doi.org/10.17509/manajerial.v16i1.10433
Sulbahri, R. A. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 215–226. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i1.559
Surono, S., Suryanto, T., & Anggraini, E. (2020). Comparing Cost Leadership Strategy with Differentiation Strategy towards Firm Performance on Jakarta Islamic Index. The Winners, 21(1), 35. https://doi.org/10.21512/tw.v21i1.5963
Ulum, I., Salim, T. F. A., & Kurniawati, E. T. (2016). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Praktik Pengungkapan Modal Intelektual Di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 3(1), 37–45. https://doi.org/10.24815/jdab.v3i1.4395
Wahyudi, S. M. (2022). Pengaruh Investment Opportunity Set dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Variabel Pertumbuhan Perusahaan. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 05(06), 1502–1513. https://doi.org/10.47191/ijmra/v5-i6-37
Wati, L. N., Primiana, I., Pirzada, K., & Sudarsono, A. (2020). Political Connection, Blockholder Ownership And Performance. Entrepreneurship And Sustainability Issues, 0282(13), 203–217. Retrieved from http://doi.org/10.9770/jesi.2019.7.1(5)
Wati, L. N., Primiana, I., Sudarsono, R., & Febrian, E. (2016). Corporate Governance on Conglomerates Pollitically Connected. International Journal of Business, Economics and Law, 10(1), 23–31.
Wati, L. N., Syahdam, G. R., & Prambudi, B. (2019). Peran Pengungkapan Csr Dan Mekanisme Gcg Pada Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Ecodemica, 3(2), 98–110. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica
Zulki Zulkifli. (2021). Intellectual Capital. Media Sarana Sejahtera.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febiola Valentry, A Zuliansyah, Ujang Hanief Musthofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








