PERBANDINGAN SANKSI ZINA DALAM HUKUM PIDANA ADAT DESA KOTO LOLO DAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA

  • Ishaq Ishaq Fakultas Syariah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Jl. Lintas Jambi-Ma. Bulian KM. 16 Simpang Sei Duren Jambi Luar Kota, 36361, Muaro Jambi

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk membandingkan sanksi zina dalam hukum pidana adat Desa Koto Lolo dengan hukum pidana Indonesia dalam rangka pembaruan hukum pidana Indonesia. Harapannya, ia dapat dijadikan sebagai pedoman bagi pembuat undang-undang (legislator) dalam badan legislatif. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah pendekatan perbandingan hukum. Tulisan ini menyimpulkan bahwa sanksi zina dalam hukum pidana adat Desa Koto Lolo adalah denda 20 kilogram beras dan seekor kambing, serta dikawinkan. Sedangkan sanksi zina dalam hukum pidana Indonesia adalah penjara 9 (sembilan) bulan dan termasuk delik aduan, sehingga tidak mencapai tujuan pemidanaan. Oleh karena itu, dalam pembaharuan hukum pidana Indonesia, seyogyanya sanksi adat dimassukkan sehingga dapat melindungi dan menciptakan kesejahteraan masyarakat dan tujuan pemidanaan dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-01
How to Cite
ISHAQ, Ishaq. PERBANDINGAN SANKSI ZINA DALAM HUKUM PIDANA ADAT DESA KOTO LOLO DAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA. Al-Risalah, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 47-62, june 2018. ISSN 2540-9522. Available at: <http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/al-risalah/article/view/169>. Date accessed: 17 july 2019. doi: https://doi.org/10.30631/al-risalah.v18i1.169.
Section
Articles