Peer Reviewer Process

Artikel yang dikirimkan ke jurnal ini akan melewati 2 tahap review, yaitu pra-penelaahan (pre-review) dan penelaahan (review) substansi. Pra-penelaahan artikel dilakukan oleh tim penyunting (editor) untuk melihat kesesuaian artikel dengan fokus dan ruang lingkup jurnal serta gaya selingkung.
Pemeriksaan unsur plagiasi dilakukan melalui pencarian di Google Scholar dan Turnitin. Lama waktu Pra-penelaahan antara 1-2 minggu. Penelaahan substansi dilakukan oleh setidaknya 2 orang mitra bestari (penelaah/reviewer) secara double-blind. Lama waktu review antara 3-8 minggu. Jika dikehendaki, reviewer dapat meminta review ulang setelah penulis merevisi artikelnya. Keputusan diterima tidaknya artikel untuk diterbitkan menjadi kewenangan Ketua Editor berdasarkan rekomendasi dari para reviewer.
Artikel yang telah dinyatakan diterima dan telah di-layout akan diterbitkan dalam nomor In Progress di nomor berikutnya sebelum nomor regular terbit sesuai jadwal agar segera dapat di-index dan citable.
Artikel-artikel yang dipublikasikan di jurnal STJSPS direview terlebih dahulu oleh Mitra Bebestari (reviewer) sebelum diterbitkan. Keputusan diterima atau tidaknya suatu naskah artikel dibuat oleh Ketua Penyunting dalam forum Sidang Dewan Penyunting berdasarkan atas rekomendasi atau komentar-komentar dari Mitra Bebestari (Reviewer). Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke jurnal ini dilakukan dengan bantuan Google Scholar, Grammarly,  atau aplikasi Turnitin.