Transformasi Perilaku Masyarakat Beragama Dalam Kabupaten Batanghari Jambi

  • Ishak Abd. Aziz Candidate for Doctor of Fhiloshofi of Islamic Thought Department Of Akidah And Islamic Thought Academy Of Islamic Studies Universiti Malaya

Abstract

Kehidupan individu dan masyarakat akan selalu berhadapan dengan perubahan karena manusia akan melengkapi kebutuhan dalam proses kehidupannya, misalnya kebutuhan dasar manusia, keamanan, sosial, pengakuan, prestasi dan sebagainya. Semua kebutuhan menurut Wahyu hanya akan dicapai melalui dan akan ditentukan oleh lingkungan sosial yang lebih maju dan baik. Seperti ekonomi pedesaan yang maju akan mampu mengubah wajah pedesaan yang lebih maju, harga karet yang mahal akan menciptakan masyarakat makmur, perairan di sekitar mereka juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena sumber yang ada di dalamnya akan mampu meningkatkan pendepatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dibatasi untuk menggali fenomena transformasi nilai keagamaan masyarakat di Kabupaten Batanghari. Setelah melakukan penelitian ini, ditemukan beberapa hal yakni: (1) Bentuk-bentuk transformasi nilai religiusitas di Kabupaten Batanghari dikelompokkan menjadi tiga katagori yaitu kategori ringan seperti berbohong, begadang, pergi keluar rumah tanpa salam, keluyuran, membolos sekolah, berkelahi demgam teman, tawuran, dan membuang sampah sembarangan. Sedangkan kategori sedang adalah kebut-kebutan, minum-minuman keras, berjudi, dan mencopet. Sedangkan untuk kategori berat diantaranya penyalahgunaan narkoba, hubungan seks di luar nikah, dan pornografi. (2) Faktor penyebab terjadinya transformasi nilai tersebut adalah krisis identitas, adanya rasa bangga ketika dapat melanggar aturan, serta kontrol yang lemah. Dampak dari pendangkalan nilai religiusitas adalah sebagai berikut yaitu dampak dari segi psikis (kebahagiaan hidup), dampak terhadap intelektualitas, dampak terjadap kesehatan jasmaniah, dan (3) Respon warga Kabupaten Batanghari terhadap adanya fenomena pendangkalan nilai religiusitas tersebut adalah melakukan tindakan yang bersifat preventif, kuratif, dan represif. Tindakan tersebut telah dilakukan oleh lapisan sosial masyarakat di Kabupaten Batanghari mulai dari pendidik, masyarakat, dan pemerintahan.



Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-23
How to Cite
ABD. AZIZ, Ishak. Transformasi Perilaku Masyarakat Beragama Dalam Kabupaten Batanghari Jambi. Kontekstualita, [S.l.], v. 33, n. 1, p. 43-62, aug. 2018. ISSN 2548-1770. Available at: <http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/Kontekstualita/article/view/44>. Date accessed: 19 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.30631/kontekstualita.v33i1.44.
Section
Articles