Pengaruh Pembaharuan Pendidikan KH. Abdul Qadir Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Seberang Kota Jambi (1951-1970)

  • Muhammad Fadhil Program Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

Abstract

 Artikel ini mengkaji tentang tokoh pembaharuan Jambi yaitu, KH. Abdul Qadir. Di mana, kiprahnya tidak hanya mempengaruhi dunia pendidikan Islam di Seberang Kota Jambi. Namun, meluas hingga ke berbagai bidang seperti, sosial dan politik. Artikel penelitian ini menemukan bahwa: Pertama, latar belakang ide pembaharuan pendidikan KH. Abdul Qadir ialah karena rasa nasionalisme yang tinggi, semangat anti penjajah dan keinginan yang kuat untuk mencerdaskan masyarakat Jambi, terutama melalui pendidikan modern. Faktor lainnya, ia sering melakukan korespondensi (surat menyurat) untuk mengetahui kondisi di Timur Tengah dengan adik kandungnya KH. Fakhruddin. Melalui korespondensi ia banyak memperoleh informasi terkait perkembangan sosial, politik serta pendidikan di Timur Tengah. Di samping juga telah beredarnya majalah al-Musawwar di Jambi. Kedua, pengaruh pembaharuan KH. Abdul Qadir salah satunya terhadap pendidikan perempuan, di mana para perempuan dapat menempuh pendidikan formal dan dapat berkiprah diberbagai bidang. Para alumni pesantren As’ad yang didirikannya turut didorong untuk berkiprah diranah politik, pendidikan, dakwah, birokrasi, sosial kemasyarakatan. Pengaruh terbesar secara nyata terlihat dari perubahan sistem pendidikan dan organisasi di pesantren As’ad secara khusus dan Seberang Kota Jambi secara umum.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-25
How to Cite
FADHIL, Muhammad. Pengaruh Pembaharuan Pendidikan KH. Abdul Qadir Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Seberang Kota Jambi (1951-1970). Kontekstualita, [S.l.], v. 33, n. 1, aug. 2019. ISSN 2548-1770. Available at: <http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/Kontekstualita/article/view/326>. Date accessed: 23 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.30631/kontekstualita.v33i1.326.
Section
Articles